6 Cara Hilangkan Overthinking Dengan Pasangan, Simak Tipsnya Disini !

Dalam menjalin hubungan asmara, seringkali akan merasa ragu dan khawatir terhadap pasanganmu sendiri. Walaupun kamu sudah menjalin hubungan cukup lama dengannya, kekhawatiran akan selalu ada. Nah, kekhawatiran itu sendiri dikenal dengan sebutan overthinking atau berpikir terlalu jauh. Meskipun hal ini wajar terjadi dalam fase hubungan apapun, tetapi ada baiknya jika kamu mengurangi kebiasaan buruk tersebut. 

Sebab seringkali overthinking justru membawamu kepada berbagai masalah baru dalam hubungan. Apalagi kalau sebelumnya kamu sudah memiliki trauma, misal diselingkuhi oleh pasangan pastinya overthinking tersebut akan menjadi parah. Overthinking sendiri merupakan suatu istilah bagi orang-orang yang memikirkan suatu hal remeh secara berlebihan. 

Memikirkan jalan atau skenario terburuk dalam melewati berbagai hal di hidupnya terutama urusan percintaan. Karena itu penting bagi kamu untuk mengetahui cara hilangkan overthinking dengan pasangan agar terhindar dari pikiran-pikiran negatif yang mengganggu. 

6 Cara Hilangkan Overthinking Dengan Pasangan 

Bila kamu cenderung berpikir terlalu jauh dalam hubungan cinta, cobalah untuk melakukan beberapa cara ini. Barangkali, kamu bisa lebih berpusat kepada masa kini dan lebih tenang dalam menjalani hubungan dengan pasangan. Berikut ini 6 cara yang akan membantu kamu dan pasangan dalam menghilangkan pikiran berlebihan atau overthinking:

1. Komunikasikan Dengan Pasangan 

Seperti yang sudah diketahui, kunci suatu hubungan adalah komunikasi. Ingatlah untuk mengomunikasikan apa yang ada dalam pikiranmu dengan pasangan. Kamu mungkin merasa ragu untuk mengutarakan perasaan yang sebenarnya, lantaran khawatir akan merusak keseimbangan yang ada. Namun, bisa jadi sebenarnya semua itu tidak separah apa yang telah kamu bayangkan. 

2. Memperhatikan Kesadaran Diri Sendiri 

Overthinking merupakan perasaan kecemasan berlebihan dalam menyikapi suatu hal yang belum tentu ada. Dengan sikap overthinking yang berlebihan akan memicu adanya pertengkaran dan memperburuk keadaan. Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk memiliki kesadaran akan overthinking untuk menjadi langkah awal dalam mengakhiri perasaan negatif tersebut. 

3. Berhenti Berusaha Selalu Benar 

Cara hilangkan overthinking dalam hubungan berikut nya adalah untuk berhenti berusaha bertindak selalu benar pada pasangan. Bisa jadi, apa yang kamu anggap benar justru dapat melukai perasaannya. Padahal tidak ada pilihan yang 100% benar maupun salah dalam hubungan percintaan. 

Sekalipun sudah mengusahakan yang terbaik, bisa jadi kamu akan tetap menemukan masalah. Sehingga, daripada menghabiskan banyak waktu dan tenaga cobalah untuk bertindak sesuai dengan kata hati kamu dengan apa yang kamu rasa sebagai solusi terbaik. 

4. Memberikan Ruang Untuk Refleksi Diri 

Dengan memberikan sedikit ruang untuk refleksi diri bisa membantu kamu untuk mengurangi kecemasan berlebihan. Maka dari itu ada baiknya jika kamu bisa meluangkan waktu sekitar 20 hingga 30 menit untuk merefleksikan diri dan memikirkan kesalahan serta fokus pada pemecahan masalah yang terjadi. Setelah itu baru kamu bisa bangkit dan memprioritaskan masa depan bersama pasangan. 

5. Cari Kegiatan di Luar Hubungan 

Alasan lain yang bisa membuat seseorang berpikir terlalu jauh atau overthinking adalah karena mereka terlalu banyak menghabiskan waktu dalam hubungan tersebut. Seluruh waktu, kegiatan dan energi ia pusatkan kepada pasangan atau hubungan percintaan nya, seolah ia tidak memiliki kehidupan di luar hubungan itu. Daripada terkurung dalam pikiran dan hubunganmu, lebih baik coba memberikan ruang untuk mengurus hal lain dalam hidup. Seperti mengembangkan skill, mengurus pekerjaan ataupun mencoba hobi baru. Sehingga kamu tidak akan berpikir terlalu jauh setiap ada masalah. 

6. Melatih Diri Untuk Mindfulness 

Apa itu Mindfulness? Jadi, Mindfulness merupakan cara melatih diri untuk melakukan berbagai hal dengan kesadaran penuh. Untuk meredakan kecemasan dan pikiran berlebihan atas pasangan kamu bisa mulai dengan melakukan cara sederhana. Seperti menerapkan Mindfulness saat menikmati hidangan makanan, melatih pikiran dan otot dengan olahraga dan selalu bersikap tenang dalam melakukan aktivasi lainnya. 

Akhir kata, demikian ulasan mengenai cara hilangkan overthinking pada pasangan yang telah kami sampaikan. Semoga membantu kamu dan pasangan dan nantikan update an bermanfaat lainnya di sini.

"Negative thoughts will never give you a positive life"

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url