5 Tokoh Inspiratif yang Menjadi Simbol Perempuan Hebat Masa Kini, Berikut Informasi Lengkapnya !

simbol perempuan


Di tengah dinamika kemajuan zaman yang semakin pesat, peran perempuan dalam segala aspek kehidupan memang sudah tidak diragukan lagi. Sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa, perempuan dapat dikatakan memiliki keistimewaan tersendiri yang tidak dimiliki laki-laki. Sebab, perempuan berperan dalam membangun peradaban manusia yang maju dengan mengandung, melahirkan, hingga mendidik anak-anak nya hingga menjadi pribadi yang unggul. 

Jika kita membicarakan tentang eksistensi dan peran perempuan, tentu kita sudah tidak asing lagi dengan istilah emansipasi wanita. Hal tersebut sudah tidak menjadi hal yang tabu lagi di tengah masyarakat. Bahkan, sudah menjadi rahasia umum dibuktikan dengan banyaknya perempuan-perempuan hebat yang menoreh prestasi dan mengukir reputasi dalam segala bidang. Ada banyak sekali tokoh perempuan di Indonesia yang telah membuktikan diri melalui berbagai pencapaian dan prestasi di bidangnya masing-masing. 

Sepak terjang para wanita inspiratif ini mampu menginspirasi orang lain, apapun gendernya. Siapa saja sosok wanita inspiratif ini dan apa saja prestasi dan pencapaian yang sudah diraih mereka ? Bagi kamu yang penasaran, Siapakamu.com edisi kali ini akan merangkum informasi tentang para tokoh wanita inspiratif yang menjadi simbol perempuan hebat masa kini, yuk check this out ! 

Tokoh Wanita Inspiratif dari Dalam Negeri yang Menjadi Simbol Perempuan Hebat Masa Kini 

Indonesia menjadi salah satu negara yang mencetak banyak sekali Tokoh wanita inspiratif yang memiliki banyak prestasi. Sepak terjang dan kesuksesan mereka bahkan diakui hingga ke luar negeri. Siapa sajakah sosok inspiratif yang bisa dijadikan simbol perempuan hebat dari Indonesia ? Yuk kita simak informasi berikut ini. 

1. R.A Kartini 

Raden Ajeng Kartini yang lahir di Jepara, 21 April 1879 merupakan salah satu pahlawan yang menjadi simbol perempuan hebat bahkan hingga saat ini. R.A Kartini menjadi salah satu pahlawan perempuan yang paling terkenal di Indonesia. Ia berjasa sebagai pencetus emansipasi wanita pada masanya. Oleh karena itu, untuk mengenang jasanya, Negara Indonesia memperingati Hari Kartini setiap tanggal 21 April. 

Berbicara mengenai R.A Kartini, maka tidak mungkin bisa terlepas dari konsep pendidikan dan emansipasi wanita yang diusung olehnya. Konsep ini yang diperjuangkan hingga sekarang sebagai kesetaraan hak perempuan dengan laki-laki. 

2. Najwa Shihab 

Tokoh lainnya yang tidak kalah terkenal dan dapat dijadikan sebagai simbol perempuan hebat berikutnya ya itu Najwa Shihab. Tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan sosok perempuan yang satu ini kan sobat ? Ia adalah seorang wanita inspiratif yang menoreh prestasi di bidang jurnalistik dan pers. Gaya bicaranya tegas, lugas, dan tajam merupakan ciri khasnya sebagai seorang jurnalis. 

Selain itu, Ia memiliki kemampuan untuk berpikir kritis namun dengan tetap mengedepankan sisi humanis dalam menjalankan tugasnya. Penghargaan pertama yang berhasil diraihnya yaitu dari persatuan wartawan Indonesia (PWI) karena laporannya mengenai peristiwa pasca bencana gempa dan tsunami Aceh tahun 2004. Penghargaan ini diperolehnya pada tahun 2005. Sangat menginspirasi ya sobat ! 

3. Susi Pudjiastuti 

Sosok inspiratif lainnya yang dikenal tegas dan tidak kenal kenal takut dalam mengemban tugasnya adalah Susi Pudjiastuti. Wanita yang satu ini pernah menduduki kursi sebagai menteri kelautan dan perikanan pada awal masa pemerintahan Presiden Joko Widodo. 

Ibu Susi Pudjiastuti merupakan menteri yang paling aktif dan populer pada masanya lho ! Beliau juga membuat berbagai terobosan yang bisa dibilang berani. Bahkan, beliau tidak segan untuk turun tangan langsung dalam melaksanakan kebijakannya misalnya mengawasi langsung peledakan kapal asing yang mencuri ikan di wilayah perairan Indonesia. 

4. Agnes Mo 

Bagi kamu kaum milenial, siapa yang tidak mengenal sosok artis yang sudah go internasional ini. Kita patut bangga memiliki penyanyi yang berbakat seperti Agnes Mo. Artis yang minim sensasi tapi banyak prestasi ini sudah Tidak diragukan lagi bakatnya. Ia banyak menerima penghargaan kelas internasional seperti the best Asian artist di Mnet Asian music 2017. 

Selain itu, ia dikontrak oleh label internasional dari Amerika yaitu 300 Entertainment. Selain yang telah disebutkan, masih banyak lagi lho prestasi lainnya yang berhasil diraih oleh seorang Agnes Mo. 

5. Angkie Yudistia 

Terakhir, yang menjadi sosok perempuan hebat di Indonesia yaitu Angkie Yudistia. Perempuan inspiratif yang satu ini merupakan seorang penyandang disabilitas tuna rungu yang menjadi salah satu staf khusus dan juru bicara Presiden Joko Widodo di bidang sosial. 

Ternyata keterbatasan tak menghalangi seorang Angkie dalam mewujudkan mimpinya. Ia justru berproses menjadi sosok perempuan dengan segudang prestasi yang dimiliki. Angkie Yudistia merupakan alumni fakultas komunikasi di London School of public relation Jakarta hingga memperoleh gelar magister nya. Perempuan cantik berhijab ini pernah terpilih sebagai salah satu finalis abang none Jakarta dari Jakarta Barat tahun 2008. 

Pada tahun yang sama, Angki meraih penghargaan sebagai The Most Fearless Female Cosmopolitan 2008. Angkie Yudistia memiliki sebuah perusahaan bernama Thisable Enterprise yang diperuntukkan bagi para disabilitas agar diharapkan kalangan disabilitas mampu bersaing dalam dunia kerja sehingga perekonomian mereka dapat terangkat. 

Nah, setelah pembahasan di atas kamu tentu sudah mengetahui sosok-sosok wanita inspiratif di Indonesia yang menjadi simbol perempuan hebat masa kini. Demikian pembahasan mengenai sosok wanita inspiratif yang informasinya sudah kami rangkum untuk kamu. Sebagai perempuan kita dapat menjadikan mereka sebagai role model agar lebih bersemangat untuk terus berkembang serta berkarya untuk masa depan yang lebih cerah.

"Perempuan hebat adalah perempuan yang mampu menjaga martabat"

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url