Benarkah Ekstrovert Adalah Kepribadian Yang Asertif ? Berikut Faktanya!

kepribadian ekstrovert adalah


Banyak kepribadian yang dimiliki masing-masing individu karena kepribadian ini memang muncul di setiap orang. Ada yang memang tertutup akan segala hal, ada yang terbuka dan ada juga yang campuran dari dua hal tersebut. Suatu kepribadian biasanya muncul saat usia kamu menginjak 3 tahun dan biasanya seorang individu akan menunjukkan kepribadian yang melekat pada dirinya. 

Apakah kamu sudah mengetahui tentang kepribadian ekstrovert ? Jika belum kali ini kita akan membahas mengenai kepribadian ekstrovert karena banyak yang mengatakan bahwa kepribadian ekstrovert adalah kepribadian yang friendly dan mudah bergaul dengan siapapun. 

Perbedaan Introvert  Dan Ekstrovert

Sebelum kita masuk ke penjelasan lengkapnya, mari kita simak terlebih dahulu tentang kepribadian introvert untuk mengetahui bagaimana perbedaan antara introvert dan ekstrovert. Pada dasarnya, ekstrovert dan introvert adalah dua kepribadian yang ditunjukkan oleh seseorang berkaitan dengan bagaimana orang tersebut mengarahkan energi yang dimilikinya dalam kehidupan sehari-hari. 

Seseorang yang memiliki kepribadian dominan ekstrovert lebih nyaman saat menggunakan energinya untuk melakukan kegiatan yang aktif. Bahkan, orang ekstrovert selalu bahagia dan bersemangat di berbagai kegiatan yang berbeda-beda. Jika kamu seorang ekstrovert, kamu tentu lebih nyaman untuk berada di sekeliling banyak orang.

Tidak hanya itu, orang dengan kepribadian ini cenderung aktif dalam mengambil tindakan dan mewujudkan berbagai hal yang ada di dalam kepalanya. Maka itu, orang dengan kepribadian ini lebih mudah untuk beradaptasi dengan berbagai kondisi. 

Dua hal utama yang menjadi pembeda antara kepribadian ini dengan kepribadian introvert adalah cara mereka memproses sesuatu yang mereka lihat, dengar, dan rasakan. Seorang introvert cenderung memproses sesuatu secara internal dengan berpikir terlebih dahulu sebelum berbicara. 

Karakteristik Ekstrovert Yang Disukai Banyak Orang

Pada dasarnya ekstrovert adalah hal kepribadian yang menyenangkan dan disukai banyak orang. Berikut ini adalah beberapa karakteristik dari kamu yang memiliki kepribadian dominan ekstrovert, di antaranya: 

1. Gemar Berbicara 

Gemar berbicara di sini bukan berarti orang ekstrovert itu cerewet. Akan tetapi, jika memiliki kepribadian ini, kamu akan cenderung lebih "berani" atau lebih santai jika harus memulai percakapan dengan orang lain sekalipun orang yang sedang kamu ajak bicara adalah orang asing. 

2. Asertif 

Jika diartikan secara langsung, asertif berarti tegas, itu tandanya orang dengan kepribadian ini cenderung lebih terbuka dalam mengemukakan opininya tentang banyak hal kepada orang lain. Hal ini termasuk saat ada hal yang membuatnya tidak nyaman. 

3. Jiwa Petualang 

Orang dengan kepribadian ini memang memiliki kecenderungan untuk senang berkegiatan di luar rumah. Bahkan, ia tidak masalah jika memiliki jadwal yang sangat padat, selama bisa menghabiskan waktu dengan banyak orang. Artinya, orang dengan kepribadian extrovert memiliki jiwa petualang yang tinggi. Ia senang mencoba hal-hal baru yang belum diketahui sebelumnya, orang dengan kepribadian ini juga senang jika harus bertemu dengan orang baru dan mengenalnya lebih dekat. 

4. Mudah Bosan Saat Sendiri

Selain itu, orang dengan kepribadian ini sering kali mudah merasa bosan saat harus menghabiskan waktunya sendiri. Ya, hal yang membuat ekstrovert lebih merasa nyaman adalah jika dikelilingi oleh banyak orang. Apalagi, ia bisa menghabiskwan waktunya dengan orang-orang dengan aktif melakukan kegiatan di luar rumah. 

5. Impulsif 

Orang dengan kepribadian ini memang cenderung memiliki sifat impulsif atau tidak membutuhkan waktu lama untuk mengambil keputusan. Bahkan, bisa jadi keputusan yang diambilnya penuh dengan kejutan. Oleh sebab itu, tak jarang orang lain terkejut dengan keputusan yang diambilnya. Meski begitu, orang dengan sifat impulsif seringkali menyesali keputusan yang diambilnya. 

Pasalnya, kepribadian ini membuatnya tidak memikirkan secara hati-hati dan menyeluruh mengenai keputusan tersebut. Oleh sebab itu, keputusan yang diambilnya hanyalah keinginan sesaat tanpa memikirkan dampak baik dan buruknya di masa depan. 

6. Penuh Energi 

Orang dengan kepribadian ini memang dikenal ceria, sehingga memiliki energi yang melimpah ruah. Bahkan, meski telah menyalurkan energinya ke berbagai kegiatan atau aktivitas, biasanya orang ekstrovert masih memiliki simpanan energi yang banyak. 
 
Demikianlah artikel yang bisa kami sampaikan tentang kepribadian ekstrovert, kesimpulannya yaitu ekstrovet adalah adalah kepribadian yang memiliki banyak kesempatan untuk mengenal circle pergaulan dan teman yang luas serta selalu bisa membagikan kebahagiaan di sekitarnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat nantikan selalu update dari siapakamu.com selanjutnya.

"Make everyone always smile because of you"

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url