Fungsi Pemimpin dan Bos, Cek Disini Bedanya !

fungsi-pemimpin-dan-bos


Dalam dunia kerja kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah pemimpin dan bos, banyak juga yang membicarakan bahwa seorang bos belum tentu bisa jadi pemimpin loh. Seorang bos cenderung lebih ke mengatur dan memerintah bawahannya sedangkan pemimpin bisa memanajemen dan memberikan arahan kepada bawahannya agar dapat memberikan performa terbaik dalam kinerja nya.

Menjadi seorang pemimpin tentu tidaklah mudah karena seorang pemimpin memiliki sikap bijaksana, adil, dan dapat memberikan keseimbangan untuk memfokuskan semua unsur perusahaan kepada visi dan misi. Jadi sebenarnya apa sih fungsi pemimpin dan bos lalu apa perbedaannya ? 

Pada kesempatan kali ini, siapakamu.com akan membahas tentang fungsi pemimpin dan bos yang wajib kamu tahu supaya kamu bisa bedain nih di perusahaan kamu atasannya itu sikapnya seperti pemimpin atau bos dan tentu ini sangat penting juga karena dapat menentukan karir dan masa depan kamu dalam pekerjaan yang kamu jalani saat ini, stay tune guys ! 

Fungsi Pemimpin dan Bos dalam Karir Kamu ! 

Dalam pekerjaan, tentu saja kita menginginkan jenjang karir yang menjanjikan untuk masa depan. Tentu saja jenjang karir dipengaruhi dari performa kerja serta fungsi pemimpin dan bos dalam perusahaan tersebut. 

Ada pemimpin yang menghargai usaha karyawan atau pegawai nya sehingga dapat melihat bahwa karyawan tersebut berpotensi untuk naik ke jenjang karir yang lebih tinggi namun jika di perusahaan kamu atasannya memiliki karakter bos tentu hal ini sangat susah untuk diraih. Lalu sebenarnya apa fungsi pemimpin dan bos dan bagaimana perbedaannya sehingga dapat mempengaruhi karir kita, berikut ulasannya: 

1. Orientasi Pemimpin Selalu Berjuang Untuk "Kita" dan Bos Selalu Menginginkan Keuntungan Untuk "Saya" 

Jika kamu merasa bahwa atasan kamu memiliki sikap yang selalu mengutamakan keuntungan daripada kebaikan bersama, sudah dapat dipastikan bahwa atasan kamu memiliki karakter bos yang mana dapat menghambat untuk memberikan apresiasi berupa jenjang karir untuk karyawan atau pegawai nya. Sebaliknya pemimpin biasanya memiliki tanggung jawab untuk memperhatikan bawahannya dan menghargai usaha serta akan memberikan reward ataupun jenjang karir yang akan ditawarkan kepada karyawan atau pegawai yang memiliki prestasi yang baik. 

2. Fungsi Pemimpin Biasanya Mengembangkan dan Membimbing Orang Lain, Bos Hanya Menggunakan dan Memanfaatkan Orang Lain 

Fungsi pemimpin dan bos memiliki perbedaan yang sangat mencolok terutama pada pemanfaatan sumber daya manusia di dalam sebuah pekerjaan. Jika bos lebih menginginkan terima beres pada pekerjaan yang dilakukan orang lain dan tidak mau tahu tentang apapun selain itu. Sebaliknya pemimpin akan memberikan rekan atau bawahannya kesempatan untuk berkembang dan tumbuh dalam pekerjaan dengan melalui tantangan dan pembelajaran untuk mendapatkan pengalaman terbaik. 

3. Bos Cenderung Menciptakan Rasa Takut, Pemimpin Menciptakan Respect 

Jika dalam pekerjaanmu yang kamu rasakan hanyalah tertekan dan rasa takut kepada atasan mu dapat dipastikan bahwa atasan tersebut memiliki karakter seorang bos dan bukanlah pemimpin karena seorang pemimpin tentu akan menciptakan perasaan saling menghargai dan respect antar atasan dan karyawan meskipun berbeda jabatan. Tidak jarang seorang pemimpin menghilangkan sekat saat selesai waktu kerja untuk mengajak karyawannya makan ataupun nongkrong. 

4. Bos Biasanya Hanya Mengatakan "Lakukan !", Pemimpin Akan Mengajak Untuk "Ayo Lakukan Bersama" 

Biasanya lingkungan kerja yang sehat akan memberikanmu impact yang positif dalam mengerjakan pekerjaan maupun menjalani kehidupan sehari-hari, ketika ada sebuah project pemimpin akan mengatakan untuk melakukan proyek tersebut dengan maksimal secara bersama. Berbeda dengan bos yang hanya mengatakan lakukan! Untuk memerintah bawahannya agar melakukan pekerjaan tersebut sampai selesai. Oleh karena itu, lingkungan pekerjaan sangat penting untuk membentuk suasana dan hasil dalam pekerjaan dan performa. 

5. Karakter Bos Selalu Menyalahkan, Pemimpin Memberikan Intropeksi 

Perbedaan dalam fungsi pemimpin dan bos bisa dibilang dapat dirasakan secara jelas karena biasanya karakter bos saat bawahannya memiliki kesalahan maka hanya akan menyerang, memojokkan, dan menyalahkan tanpa memberikan kesempatan untuk berpikir dan melakukan perbaikan. Berbeda sekali dengan karakter pemimpin yang tentu saja akan memperingatkan dengan tujuan introspeksi atas kesalahan atau pelanggaran yang telah dilakukan serta memberikan kesempatan kepada bawahannya untuk menjelaskan serta memperbaiki. 

Akhir kata, itulah perbedaan fungsi bos dan pemimpin dalam mengembangkan mental serta psikis karyawan atau pegawai nya yang sangat mempengaruhi untuk kenaikan jenjang karir kedepannya. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat buat kamu dan semoga kamu mendapatkan pekerjaan terbaik untuk meningkatkan karir kamu. Jangan lupa like, comment, dan share ya ! 

"Healthy Work Environment For Mentally Strong"

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url