Arti Introvert Dan Ciri-Cirinya, Apakah Sama Dengan Kepribadianmu?

arti introvert


Dalam kehidupan sosial atau bermasyarakat kita dapat menjumpai berbagai jenis kepribadian seseorang. Ada yang cerewet, ada yang terlalu serius, ada yang senang bercanda sampai ada seseorang dengan kepribadian pendiam yang biasa disebut introvert.

Mungkin saat kalian sekolah dulu atau bahkan sekarang mempunyai teman yang sifatnya pendiam dan pemalu, saat kalian ajak ngobrol respon yang diberikan cuma seadanya hingga kalian berfikir dalam hati "kenapa ya orang ini ngomong nya hemat banget? Ah, gak asik nih untuk dijadikan teman".

Tapi tunggu dulu, baik seseorang dengan kepribadian ekstrovert atau introvert tidak ada yang benar-benar 100% memiliki kepribadian tersebut, dalam kasus beberapa orang bisa saja mempunyai dua kepribadian tergantung dari situasi nya sehingga masuk dalam kepribadian ambivert. 

Walaupun dari segi perspektif psikologi orang dengan sikap pemalu dan pendiam tersebut termasuk dalam jenis kepribadian introvert. Apa sih introvert? Apa mereka adalah sekumpulan orang aneh? Jangan beranggapan buruk dulu, tulisan ini akan menjadi pertanyaan di atas tentang arti introvert dan ciri-cirinya.

Memahami Apa Itu Arti Dari Introvert 

Apa arti introvert? Menurut seorang ahli di Amerika Psychology Association seseorang dengan kepribadian introvert cenderung pendiam, menarik diri, tidak suka keramaian, tenang dan tidak suka tergesa-gesa atau selalu berhati-hati. Seseorang dengan kepribadian introvert masih bisa berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang lain. Namun, setelah menghabiskan waktu seharian diluar dengan orang banyak seorang introvert membutuhkan waktu menyendiri untuk mengembalikan energi dalam dirinya. 

Hal ini berbanding terbalik dengan seseorang yang memiliki kepribadian ekstrovert yang mendapatkan banyak energi dari bertemu banyak orang. Dengan kata lain, introvert adalah tipe kepribadian yang lebih fokus pada perasaan internal di dalam dirinya, daripada dengan stimulasi eksternal dari orang lain dan lingkungan sekitar nya. Hal tersebut bukanlah sesuatu yang salah, karena setiap orang memiliki latar belakang yang berbeda dan caranya masing-masing. 

Mungkin kalian sudah tau arti introvert dan bahkan bisa saja kalian masuk kategori introvert tetapi belum tau apa ciri-ciri nya, tidak perlu bingung berikut ini beberapa ciri-ciri umum seorang introvert diantaranya: 

1. Senang Menghabiskan Waktu Sendiri Dan Merasa Lelah Ketika Berada Di Keramaian

Apakah sehabis berkumpul dengan orang lain kamu merasa lelah? Atau pernah merasa ingin sendiri untuk mengembalikan energi? Kedua hal tersebut merupakan ciri khas dari seorang introvert. Karena mereka yang memiliki kepribadian introvert dituntut untuk menyesuaikan diri dengan orang lain dan lingkungan. 

Seorang introvert lebih suka melakukan perkumpulan kecil dengan orang-orang yang dikenali nya atau menghabiskan waktu dengan membaca novel dan menonton film favorit. Namun, mereka dengan kepribadian pendiam dan suka sendiri bukan berarti antisosial. 

2. Memiliki Grup Dengan Teman Dekat nya 

Kesalahpahaman yang sering didengar seorang introvert adalah bahwa mereka tidak senang bertemu dengan orang lain. Padahal bukan lah demikian, mereka seorang introvert lebih selektif dalam urusan pertemanan yang membuat nya nyaman dan bisa menjadi dirinya sendiri. 

3. Sering Dianggap Pendiam Oleh Orang Yang Baru Kenal 

Mungkin memang ada sebagian orang yang memiliki sifat pendiam,namun Orang-orang justru beranggapan bahwa introvert identik dengan pendiam walaupun tidak sepenuhnya salah dan juga tidak sepenuhnya benar. Mereka seorang introvert hanya tak mau membuang buang energi dengan banyak basa basi untuk percakapan yang tidak penting. 

4. Sadar Akan Sikap Perbuatannya Sendiri 

Berbeda dengan seorang ekstrovert yang senang menanyakan pendapat orang lain, kepribadian introvert ini cenderung lebih senang bermain dengan pikirannya sendiri. Kesadaran diri merupakan hal paling penting bagi seorang introvert untuk lebih mengenal diri sendiri, perbuatan, serta akibat yang akan terjadi dari dampak perbuatannya tersebut. 

5. Lebih Senang Belajar Secara Otodidak Atau Visual 

Waktu paling produktif bagi seorang introvert adalah ketika mereka menyendiri, begitu juga saat mereka ingin mempelajari sesuatu. Ketika belajar suatu hal seorang introvert lebih memilih menggunakan metode observasi daripada harus turun langsung ke lapangan, walaupun terpaksa harus terjun langsung mereka akan memilih melakukanya sendiri dengan teman-teman terdekat. 

Tidak ada yang lebih baik dari ekstrovert maupun introvert, semua kepribadian memiliki kelebihan dan kekurangan nya masing-masing. 

Demikianlah informasi mengenai arti introvert dan ciri-cirinya yang bisa membantu kalian untuk mengenal sosok dari seorang introvert. semoga artikel ini dapat bermanfaat nantikan update dari kami selanjutnya.

"Introvert is not a matter of social sensitivity, but it's just a life choice"

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url