6 Fakta Kepribadian ESFP “Si Penghibur yang Ekspresif”

Fakta Kepribadian ESFP "Si Penghibur yang Ekspresif". Orang dengan tipe kepribadian ESFP memiliki ciri khas yang unik dan membawa pengaruh besar bagi sekitarnya.

Tingginya sifat sosial yang dimiliki oleh tipe kepribadian ini dapat menciptakan semangat baru dan membentuk lingkaran antusias orang lain.

Tipe kepribadian ESFP adalah salah satu dari 16 tipe kepribadian berdasarkan Myres Briggs Type Indicator dan tipe kepribadian ini sering disebut "penghibur" karena cenderung memiliki sifat (Ekstraverted, Sensing, Feeling, Perceiving).

Terlihat selalu menyenangkan dan menyukai hal- hal baru, tipe kepribadian si penghibur ini cenderung sering diluar kendali dan identik pada pembawaan emosional.

Fakta kepribadian ESFP atau si penghibur selalu menawarkan kesenangan tanpa batas dan mempercayai bahwa semua orang membutuhkannya. Karakter ESFP terkenal dengan karakter yang energik, simpatik, dan ekspresif.

Pengertian Kepribadian ESFP

Dalam bahasa Inggris kepribadian ESFP disebut juga dengan Entertainer, misalnya merujuk pada figur publik, artis, komedian, dan lain-lain.

Tipe kepribadian penghibur sering disebut dengan tipe kepribadian ESFP (Ekstraverted, Sensing, Feeling, Perceiving), apa itu?

Fakta kepribadian ESFP ini sangat terfokus pada kesenangan hidup, mencintai orang lain dan sekelilingnya.

Memenuhi dirinya dengan kenyamanan materialistis serta kebutuhan yang konstan untuk stimulasi dirinya seperti kasih sayang dan perhatian orang lain.

Untuk melihat lebih jauh terkait fakta kepribadian ESFP ini secara jelas, yaitu terletak pada singkatannya yang terdiri dari:

  • Ekstrovert: pemberi energi pada orang lain dan lingkungan.
  • Sensing: menjadi sensor yang menyukai pengalaman dan memiliki pengaruh.
  • Feeling: terkait pada perasaan antar personal, pertukaran energy positif.
  • Perceving: gaya memahami dengan caranya dan memberikan kesempatan orang lain untuk terbuka dan menerima.

1. Kelebihan Tipe Kepribadian ESFP

Si “Penghibur” percaya bahwa semua tempat adalah panggung baginya, seluruh perhatian harus tersorot padanya.

Seringkali orang dengan kepribadian ini selalu populer dan menciptakan suasana bagaikan pesta.

Fakta kepribadian ESFP yaitu orang lain merupakan sumber kekuatan untuk bersenang- senang dan merasa semua adalah miliknya dan dunianya.

2. Kekurangan Kepribadian ESFP

Perasaan si ESFP seperti ombak yang pasang surut, saat keadaan tidak mampu dikendalikan maka tipe kepribadian ini akan merasa berada pada titik terendahnya.

Untuk bangkit kembali dari hal buruk, kepribadian ESFP ini sangat bergantung pada orang lain.

Namun orang lain sangat jarang mengatasi masalahnya karena fakta kepribadian ESFP yang mudah terpojok oleh sebuah nasihat dan saran.

Maka akan susah baginya untuk menemukan jalan keluar ketika mendapat masalah atau terjebak pada situasi yang buruk.

3. Ketika si ESFP Sebagai Kekasih?

Fakta kepribadian ESFP ini adalah orang-orang yang memiliki jiwa bebas dan meresapi segala kenikmatan dunia dan kesenangan penuh gairah.

Fleksibilitasnya bahkan menjadikan mereka sebagai kekasih penuh kejutan dan kenyamanan dalam sebuah hubungan.

Namun kabar tidak baiknya, tipe kepribadian penghibur sangat jarang memikirkan hubungan jangka panjang dan serius karena baginya cinta adalah kesenangan bukan komitmen.

Oleh karena itu orang yang menjalin hubungan dengan tipe kepribadian ini seringkali memiliki masalah pada ketidakpastian.

4. Tentang Persahabatan Si "ESFP"?

Fakta kepribadianESFP selalu menonjol pada komunikasi dan tindakan, pergaulan yang menarik dan tidak kaku maka kepribadian ESFP cocok dengan orang yang tidak jaim dan apa adanya.

Orang dengan kepribadian ESFP mampu membawa orang lain hanyut pada cara mainnya dan menciptakan keterbukaan antar personal.

Tipe si penghibur ini mampu menghilangkan sekat satu sama lain dan dapat menjadi mediator jika ada konflik dalam kelompoknya.

5. Orangtua dengan Kepribadian ESFP

Kedengarannya orangtua dengan kepribadian ini sangat diharapkan oleh anak-anak karena pada umumnya mereka sangat santai dalam mendidik.

Orientasi mereka pada kebahagian anak sangat tinggi, mereka memilih pada keinginan dan kesenangan sejati sang anak.

Orangtua dengan tipe kepribadian ini dapat membawa kesegaran tanpa tekanan dan memberikan hak seutuhnya dalam keputusan sang anak.

Cara mengasuh mereka lebih kepada daya tarik untuk mendukung anak mereka pada pengalaman dan harapan yang tinggi.

6. ESFP Cocok dengan Pekerjaan Apa ya?

Fakta kepribadian ESFP yang khas yang dimilikinya mampu menghasilkan citra luar biasa dalam perspektif setiap orang.

Dalam karirnya, mereka sangat menghindari konflik dan tidak memilih rekan kerja yang akan diajaknya bekerja sama karena dalam kondisi apapun.

Fakta kepribadian ESFP sangat mudah beradaptasi dan menemukan jalan keluar melalui pemikirannya dan ide yang cemerlang sehingga dapat diterima semua orang.

Karir ESFP sesuai dengan lingkungan banyak orang, menjadi pusat perhatian serta tempat yang dapat memberinya peluang untuk menjadi bintang.

Maka sesuai dengan karakternya ESFP cocok dengan pekerjaan pelawak, koki, sales, marketing, promotor, ahli kecantikan, pemandu wisata, koordinator acara, MC, pramugari, relawan, dan sebagainya.

"Kesendirian adalah Kehampaan, Kebersamaan adalah Kebahagiaan"

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url