Skill Menjadi Pribadi Unggul Dengan 14 Strategi Lobi

Strategi Lobi

Dalam bekerja pasti ada persaingan yang kuat antara karyawan, atasan, maupun perusahaan. Agar mendapat tempat khusus seseorang harus memiliki skill istimewa yaitu strategi lobi.

  1. Cara Pintar Lobi dan Negosiasi Bagi Pemula
  2. Strategi Lobi yang Cerdas dalam Karir Kamu

Strategi lobi merupakan upaya pendekatan yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok untuk tujuan tertentu, seni lobi tidak semua orang memiliki.

Strategi lobi yang baik terkadang disebut sebagai bakat seseorang dan kemampuan personality yang bisa membawa orang lain terhanyut dalam pembicaraannya.

Strategi lobi dianggap sebagai cara jitu seseorang pegawai, pekerja, anggota, organisasi dalam meyakinkan agensi, atasan, maupun pihak terkait untuk mempengaruhi dan mendapat sebuah keuntungan.

Jika kamu ingin memiliki skill dalam strategi lobi, kamu bisa mempelajarinya disini, sebelumnya kamu perlu tahu cara pintar lobi dan negosiasi bagi pemula:

Cara Pintar Lobi dan Negosiasi Bagi Pemula

Sebelum kamu menguasai skill strategi lobi yang hebat, bagi yang belum pernah lobi harus tahu cara lobi dan negoisasi bagi pemula. Setidaknya kamu punya kemampuan itu dan membentuk pribadi yang kompeten.

  1. Kamu harus sudah punya tujuan untuk apa dan siapa kamu melobi.
  2. Biasakan diri untuk menegur sapa orang lain, rekan kerja maupun atasanmu.
  3. Seringlah berbicara di depan umum.
  4. Latihlah dirimu untuk beradaptasi dengan setiap orang sekaligus memahami karakternya.
  5. Percaya diri dan berpenampilan elegan dan meyakinkan.
  6. Tidak terburu-buru dalam berbicara, usahakan bicara kamu terkonsep dan teratur.
  7. Jangan langsung menilai dan dan menjudge lawan bicara mu, usahakan netral thinking.
  8. Jangan mudah marah, tersinngung, dan bertindak emosional.
  9. Dengarkan dan beri kesempatan lawan bicara untuk berbicara hingga selesai.
  10. Bersikap santai dan fleksibel, tidak terlalu kaku dan formal.
  11. Tawarkan lawan bicaramu ke kafe atau resto dan kalau bisa traktir dia sebagai modal awalmu melobi.
  12. Tidak langsung pada topik utama dan biasakan dirimu untuk basa basi dan perlahan bawa ke topik.
  13. Jaga penampilan, pastikan tubuhmu wangi dan tidak bau mulut.

Strategi Lobi yang Cerdas dalam Karir Kamu

Strategi lobi merupakan usaha yang dilakukan untuk mempengaruhi pihak-pihak yang menjadi sasaran agar terbentuk sudut pandangan positif terhadap topik lobi yang diharapkan memberikan keuntungan bagi pencapaian tujuan.

1. Attitude dan Performa non verbal

Dalam strategi lobi attitude atau sikap merupakan hal terpenting sebagai kesan pembawaan yang professional namun santai sehingga lawan bicara akan dibuat nyaman.

Diselingi dengan kecakapan gerak tubuh yang menandakan bahwa kamu tidak gugup dan cenderung menguasai pembicaraan dan lingkungan.

2. Menjaga fleksibilitas

Fleksibilitas disini melingkupi fleksebilitas pemikiran dan reaksi, dalam strategi lobi kamu harus siap menerima apapun bentuk pembicaraan yang tidak terbatas.

3. Menganalisis iklim dan situasi

Ini sangat perlu dilakukan agar mendukung ruang bebas kamu dalam berinteraksi dan menemukan peluang yang ada, iklim dan situasi disini terkait emosi lawan bicara dan keadaan lingkungan.

4. Update dengan informasi global yang aktual

Sebelumnya sudah disebutkan bahwa kamu perlu berbasa-basi sebelum ke topik awal, basa basi disininya tentunya harus berbobot dan berkualitas terkait perkembangan isu global.

5. Memahami lawan dan kawan dalam lobi

Saat berbicara, kamu harus memahami karakter sasaran lobi, apakah cenderung kontra atau pro dengan apa yang kamu tentukan sebagian tujuan lobi.

6. Menemukan kecocokan dan Bentuklah kepercayaan pada sasaran lobi

Kecocokan disini bukan tentang hati namun lebih kepada arah dan prospek keuntungan, jika kamu menemukan kecocokan itu kemudian kamu harus mencoba masuk dan meyakinkan sasaran lobi untuk percaya dengan yang kamu katakan.

7. Selera Humor yang Krispi

Jika pembicaraan mulai tegang dan panas, strategi lobi yang cerdas yaitu memiliki skill humor yang krispi dan tidak garing agar semuanya kembali luwes dan tidak terjadi konflik.

8. Lihai berbicara karena itu seni lobi

Dalam hal ini strategi lobi paling penting ketka amu lihai berbicara dan mampu menyeimbangkan argument sasaran lobi tersebut.

9. Cari celah tepat sasaran, Sabar, Tajamkan Fokus dan Jaga Konsentrasimu

Ingat jangan sampai kamu lengah dan malah yang terbawa suasana, pandailah mencari celah saat bicara topic utama, tetap sabar dan menjaga pikiranmu untuk fokus dan konsentrasi.

10. Berpikir untuk kemungkinan terburuk

Tidak semua lobi sesuai yang kamu harapkan, berpikir pada kegagalan dan kemungkinan terburuk mungkin cukup baik agar kamu bisa menentukan rencana cadangan.

11. Lakukan taktik tarik ulur

Saat sasaran lobi menjadi sangat sulit dan tetap pada pendirian, kamu perlu lakukan strategi lobi tarik ulur seolah olah dia akan rugi jika tidak mengikuti tujuanmu. Lakukan seperlunya sampai pertahanannya kendor.

12. Tekanan halus

Tekanan halus dengan memberikan tenggat waktu atau membuat drama seolah tujuan dan kepentingan mu sedang dibutuhkan dan ditunggu oleh pihak lain. Dengan itu sasaran lobi akan merasa tersudut dan berfikir ulang untuk menolak apa yang kamu tawarkan.

13. Bluffing

Mengelabui lawan berundingnya dengan cara membuat distorsi kenyataan yang ada dan membangun suatu gambaran yang tidak benar.

14. Tentukan keputusan lobi secara matang dan Closing

Terakhir kamu harus benar- benar memperhitungkan keuntungan dan hasil keputusan lobi ini agar tidak meleset. Setelah sepakat tetap jaga seni bicaramu dengan bercanda atau mempersilahkan minum atau memesan sesuatu.

"Seni Berbicara bukan Hanya Tentang Kata tapi Tentang Kombinasi Jiwa dan Tujuan Makna"

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url