Sulit Tidur, Ini Penyebab Insomnia dan Cara Mengatasinya !

Penyebab Insomnia dan Cara Mengatasinya

Insomnia merupakan penyakit gangguan tidur yang menyebabkan penderitanya sulit tidur walaupun banyak waktu untuk terpejam namun hal itu sangat sulit untuk dilakukan.

  1. Bahaya Penyakit Insomnia yang Wajib Kamu Tahu
  2. Penyebab Insomnia dan Cara Mengatasinya
  3. Buka Kulkasmu dan Cari Makanan Untuk Mengatasi Insomnia

Penyebab insomnia dan cara mengatasinya itu tidak sulit untuk diidentifikasi, apalagi kamu sudah mengetahui alasan mengapa itu bisa terjadi pada pola tidur kamu.

Namun jika dibiarkan dan kamu menganggapnya remeh, bahaya penyakit insomnia mengintaimu dan lebih fatalnya jika kamu malah konsumsi obat-obatan, yuk simak bahaya penyakit insomnia berikut,

Bahaya Penyakit Insomnia yang Wajib Kamu Tahu

Kualitas tidur memang sangat memepengaruhi kondisi tubuhmu, ketika kamu sulit tidur akan cenderung lemas, midah lelah, tidak maksimal dan tidak prima dalam beraktivitas. Jika dibiarkan ini nih bahaya penyakit insomnia,

  • Kecendrungan Paranoid atau halusinasi.
  • Gangguan kejiwaan yangbtidak mampu mengendlikan diri akibat susah tidur.
  • Stress yang berkepanjangan karena tidak cukupnya kebutuhan tidur.
  • Sistem imun lemah yang memicu datangnya penyakit kronis.
  • Mudah lelah dimana tidak dapat beraktivitas maksimal.
  • Emosi yang tidak erkontrol, mudah marah dan tersinggung.
  • Hyperarous mulai menghantui yaitu sikap waspada yang berlebihan, tidak bisa tenang.
  • Overworking yang menyiksa dimana saat tertidur pun otak masih bekerja dan berpikir.
  • Penyakit jantung dan stroke yang mengancam setiap saat karena tekanan darah ke otak tidak teratur.
  • Gangguan kadar hormon yang memicu penyakit tiroid, hormone obesitas dan reaksi kimiawi lainnya.
  • Gairah seks yang rendah sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan pasangan.

Sebuah Studi yang dilakukan dokter Lars Erik Laugsand dari Norwegian University of Science and Technology terhadap 50.000 orang di Norwegia.

Hasilnya bahwa orang yang memiliki gangguan tidur setiap malam memiliki risiko sebesar 45% terhadap penyakit jantung dan pembuluh darah, 30% bagi penderita yang sulit menjaga kualitas tidur, serta 27% bagi penderita yang merasa tidak segar ketika bangun di pagi hari.

Penyebab Insomnia dan Cara Mengatasinya

Istirahat merupakan proses pemulihan tubuh setelah beraktivitas. Tidur menjadi bagian penting pada siklus kehidupan manusia dan setiap gangguan yang terjadi pada saat tidur akan berdampak besar pada tubuhmu.

1. Penyebab Insomnia karena Medis

Dimana penyebabnya ada pada faktor medis atau penyakit, misalnya radang sendi, asma, depresi, kanker, atau refluks asam lambung (GERD). Insomnia sekunder juga dapat disebabkan oleh konsumsi obat-obatan atau alkohol.

2. Penyebab Insomnia karena Psikologis

Gangguan kecemasan dan depresi merupakan penyebab umum dari insomnia kronis. Penyebab psikologis lainnya misalnya tekanan hidup, marah, bipolar disorder, dan trauma.

3. Penyebab Insomnia Karena Kebiasaan

Seseorang sudah terlalu banyak tidur atau istirahat pada siang harinya. Kemudian makan terlalu malam serta sering mengkonsumsi kopi (kafein) dan rokok (nikotin), ditambah bermain gadget hingga larut malam.

4. Penyebab Insomnia karena Perubahan Fisik

Saat seorang wanita hamil sering susah tidur karena perubahan fisik yang membuat tidak nyaman, begitupun pada lansia. Dalam penelitian dari University of California, para ahli menemukan bahwa penyebab susah tidur pada lansia adalah penurunan fungsi otak.

Cara mengatasi insomnia diantaranya mengenal terlebih dahulu penyebabnya kemudian ada tekad yang kuat untuk melakukan perbaikan pola tidur, berolahraga agar badan mengalami metabolisme yang normal.

Disamping itu menjaga kebersihan, minum air putih yang cukup, serta meminta bantuan medis jika insomnia sudah terlalu parah.

Menenangkan pikiran hati merupakan solusi yang tepat sebelum tidur, mengatur pernafasan dan menghirup aromaterapi akan membantumu untuk rileks.

Jauhkan gadget dan silent handpone untuk membantumu memusatkan diri pada kualitas tidur yang optimal, mengkonsumsi makanan dibawah ini mungkin dapat membantumu untuk tidur,

Buka Kulkasmu dan Cari Makanan Untuk Mengatasi Insomnia

Kamu bisa membantu dirimu sendiri untuk mengantuk dengan makan sesuatu yang dapat memberi mu efek mengantuk contohnya:

1. Buah Pisang

Kandungan potassium yang sangat melimpah dari buah pisang ini dapat mencegah kejang otot dan kram di malam hari. melancarkan sistem pencernaan dan mengatur sirkulasi darah.

2. Ikan Salmon

Kaya akan asam lemak omega-3, salmon bisa membantu merelaksasi otak. Karenanya, makan salmon dapat membantu mencegah stres yang nantinya memicu insomnia.

3. Ubi jalar

Makan ubi jalar yang kaya akan potasium membantu mengendurkan otot dan saraf. Tak salah jika banyak orang percaya kalau makan ubi jalar bikin tubuh cepat ngantuk.

4. Susu

Dapat mempermudah seseorang untuk tidur nyenyak. Karena kandungan kalsium dalam susu membantu dalam pembentukan melatonin yang merupakan hormon tidur.

5. Sereal

Sereal dianggap lebih ideal dan sempurna. Karena makanan ini mampu memperbaiki siklus tidur menjadi normal. Sereal juga mudah dicerna oleh tubuh, sehingga membuat cepat ngantuk dan tidak mengalami gangguan pencernaan.

6. Telur

Telur ternyata bisa membuat orang cepat mengantuk. Karena telur kaya akan protein yang membantu menjaga tingkat gula darah kamu tetap stabil.

"Tidurlah untuk Terpejam, dan Bukalah Matamu Saat Ingin Bermimpi"

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url