9 Fakta Kehidupan Mahasiswa Baru yang Tidak Seindah di Film

kehidupan-mahasiswa-baru

Bagi kamu yang sebentar lagi lulus dan melanjutkan studi bakal ganti status jadi mahasiswa baru mungkin bayangin kehidupan mahasiswa baru itu seindah film ya kan ?

  1. 9 Fakta Kehidupan Mahasiswa Baru
  2. Tips Adaptasi Mahasiswa Baru

Ketemu jodoh, gak harus pakai seragam putih abu-abu, bebas titip absen, bisa hangout kapanpun, dan lain-lain. Percaya deh itu cuma fetamorgana yang dijamin gak seindah itu.

Kehidupan mahasiswa baru memang nampak keren, kamu bakal merasakan atmosfer yang sangat berbeda. Tapi perlu kamu tahu bahwa kehidupan kampus tidak sebahagia itu, ini faktanya:

9 Fakta Kehidupan Mahasiswa Baru

Saat lulus dan diterima di kampus impian kamu mungkin kamu sangat bahagia, kamu memikirkan segala hal menyenangkan di kehidupan mahasiswa baru yang akan kamu jalani.

Menjadi mahasiswa kamu dituntut untuk menyesuaikan diri dengan orang dari berbagai macam karakter. Suka, duka, tangis, tawa, dan kepahitan akan kamu alami dengan level yang lebih tinggi.

Jadi kamu harus mempersiapkan segalanya dengan mengetahui fakta berikut tentang kehidupan mahasiswa baru, check it out !

1. Hari pertama OSPEK yang melelahkan dan diatur-atur sama senior

Di awal kehidupan mahasiswa baru pasti ada yang namanya OSPEK, tapi OSPEK sekarang tidak sekejam dulu yang disuruh pakai atribut konyol dan disuruh-suruh.

OSPEK sekarang lebih kepada pengenalan budaya kampus yang akademis dan edukatif namun tetap saja melelahkan karena kamu harus berjam-jam menyaksikan ceramah ketua jurusan atau senior kamu.

2. Harus menghadapi teman-teman yang kebanyakan sombong

Yah karena tidak hanya kamu yang jadi mahasiswa baru, tapi yang lain juga merasakan itu. Dengan berbagai macam latar belakang pasti ingin nampak keren dan cerdas.

Kamu harus memahami itu dan tidak perlu merasa kesal karena itu hal yang wajar terjadi, setiap orang ingin nampak menonjol dengan kelebihan yang dimiliki.

3. Harus menyusun Kartu Rencana Studi yang cukup ribet

Kehidupan mahasiswa baru diawal kamu akan dihadapkan dengan penyusunan KRS Mata Kuliah yang benar- benar bikin kamu bingung.

Tidak seperti sekolah dulu yang ditentukan mata pelajarannya dan kamu tinggal mengikutinya, tapi kehidupan mahasiswa baru harus dituntut mandiri dan berinisiatif tinggi.

4. Welcome ! Disambut tugas pertama makalah dan persentasi

Jangan harap kamu bakal banyak waktu luang, kehidupan mahasiswa baru biasanya langsung dikasih tugas sama dosen buat makalah dan dipersentasikan di depan kelas, dan itu wajib.

Jika kamu belum memahami sistematika makalah, kamu perlu beajar dan memahaminya. Makalah di perkuliahan tidak sesimpel yang kamu bayangin, karena bisa-bisa ditolak sama dosemu.

5. Harus memilih organisasi yang diarahkan oleh senior mu

Organisasi kampus perlu kamu tahu sangat banyak sekali dan kamu biasanya saat ospek dipengaruhi dan di doktrin untuk mengikui salah satunya.

Di awal kehidupan mahasiswa baru kamu akan sering disuruh kumpul dan diskusi gak jelas gitu, duduk lama sambil dengerin senior mu promosi.

6. Harus bekerja sama dengan kelompok atau teman sekelas yang menyebalkan

Biasanya awal kehidupan mahasiswa dibentuk kelompok-kelompok tugas yang memaksa kamu buat mengenal satu sama lain.

Tidak semudah yang dibayangkan karena ada teman yang seenaknya, tidak mau ikut kerjasama, ataupun numpang nama, sabar ya.

7. Tidak seperti di film yang hangout dan nongkrong terus

mahasiswa baru kelihatannya santai kalau di film dan sinetron padahal kenyataanya kamu bakal sok sibuk dengan tugas menumpik dan organisasi yang rutin.

Tidak sebebas itu karena deadline disisi lain kamu tidak akan tenang karena semua itu akan mempengaruni nilai ipk kamu.

8. Ada aturan berpakaian

Walaupun bebas kamu mau pakai baju warna atau model apa saja tapi tetap ada aturannya loh tentang kode etik berpakaian yang harus kamu ikuti.

Jika kamu tidak memperhatikan kode etik tersebut bisa- bisa mendapat peringatan dari pihak kampus, wah image kamu bakal jelek nih di mata dosen dan teman-teman kamu.

9. Dosen yang killer dan gak bersahabat

Tidak semua dosen bakal baik dan bersahabat sama mahasiswanya, ada yang judes, galak bahkan killer. Jangan harap kamu bakal di senyumin balik.

Yah memang karakter dosen macem- macem, jangan dimasukkin hati dan dipikirin ya. Sebenernya dosen kayak gitu baik cuman tegas kok. Biar kamu nya sebagai mahasiswa baru gak lembek.

Tips Adaptasi Mahasiswa Baru

Kesulitan di awal kehidupan mahasiswa baru mungkin akan membuat kamu jenuh dan tidak terbiasa, namun mau tidak mau ini adalah hal baru yang harus kamu lewati.

Nah untuk itu sebagai mahasiswa baru kamu perlu tips adaptasi mahasiswa baru supaya perkuliahanmu berjalan dengan lancar dan nyaman.

  1. Nikmati hal baru sebagai tantangan yang menyenangkan, jangan anggap beban.
  2. Temukan sohib yang sesuai, tapi jangan pilih-pilih teman atau nge gank.
  3. Ramahlah pada senior kamu, jangan ragu untuk meminta pendapat dan bantuannya.
  4. Berikan kesan awal pada orang lain bahwa kamu orang yang menarik dan humoris.
  5. Jangan membawa budaya SMA kamu, jika kamu tidak ingin kecewa.
  6. Ikuti alurnya dan kerjakan apa yang dosen mu suruh dengan tepat waktu.
  7. Jika perlu, konsultasikan kebimbanganmu dengan dosen yang menurutmu terbuka dan ramah.
  8. Buatlah jadwal untuk membagi waktu kamu, sediakan waktu untuk sekedar refreshing.
  9. Ingat tujuan kamu kuliah untuk belajar dan membahagiakan orangtua kamu.
  10. Jangan terperdaya dengan rayuan senior yang nembak kamu, asli deh itu cuman rayuan maut aja.

Sekian dulu yang siapakamu.com dapat sampaikan, selamat bersenang-senang bagi kamu calon mahasiswa baru. Semoga bermanfaat!

"Bangga itu Ketika Kamu Mampu Meraih Apa yang Dianggap Orang Lain Mustahil"

Next Post Previous Post
2 Comments
  • NINA AYSIANA RUNNY
    NINA AYSIANA RUNNY 18/6/19

    keren bro

    salam mahasiswa DESAIN GRAFIS

    • siapakamu
      siapakamu 29/6/19

      terima kasih semoga bermanfaat ya dan semangat kuliahnya :),

      kunjungi terus blog kami untuk artikel berikutnya

Add Comment
comment url