Dampak Cyber Bullying di Media Sosial

Dampak Cyber Bullying

Media sosial kini menjadi media utama untuk berekspresi, dimana bisa jadi tempat curhat, menyindir, bahkan cyber bullying. Artikel ini akan mengupas tentang dampak cyber bullying di media sosial.

  1. Penyebab Cyber Bullying di Media Sosial
  2. Dampak Cyber Bulling di Media Sosial Bagi Pelaku dan Korban
  3. Cara Mengatasi Cyber Bullying

Dampak cyber bullying mungkin tidak pernah difikirkan bagi kebanyakan orang, namun dampak cyber bullying nyatanya berpengaruh besar pada kondisi psikis dan emosional korban cyber bullying.

Tapi kenapa bisa walaupun dampak cyber bullying sangat buruk tapi masih banyak orang yang melakukannya, apakah penyebab cyber bullying di media sosial ?

Penyebab Cyber Bullying di Media Sosial

Penyebab terjadinya cyber bullying ini bisa jadi karena dendam, kemarahan atau perasaan frustasi. Bisa juga karena pelaku memang tidak punya pekerjaan, sedangkan berbagai fasilitas yang berbau teknologi menyebabkan mereka iseng dan ingin mencari keributan.

1. Perbedaan pendapat

Berbeda pendapat bagi setiap orang mungkin hal yang biasa namun ketika sudah sekelompok orang merasa radikal dengan pendapat mereka maka penyebab cyber bullying akan terjadi.

Hal ini sengkali dipicu oleh pembicaraan yang sepele dan tidak teratur, sehingga berujung pada komentar yang saling menjatuhkan satu sama lain.

2. Rasa ingin menang sendiri dalam adu komentar

Penyebab cyber bullying seringkali dikarenakan saling egois dan tidak mau kalah, para warganet berdebat tanpa arah dan seringkali melempar hinaan.

Bagi yang menjadi korban dan tidak kuat mentalnya maka akan terlempar dan tersudut, dan para pelaku merasa puas ketika lawannya kalah dan terjatuh.

3. Ada masalah pribadi, dendam atau kemarahan

Penyebab cyber bullying tidak selalu antar pengguna media sosial yang tidak kenal satu sama lain, terkadang ada yang sudah mengenal seperti teman sekolah, tetangga.

Karena mungkin tidak saling berani berhadapan satu sama lain untuk menyelesaikan di dunia nyata, mereka cenderung saling ejekk dan menjelekkan melalui media sosial.

4. Pembelaan kelompok yang berlandaskan militansi dan kesetiaan

Media sosial seringkali digunakan untuk menyebar sesuatu yang bermuatan kepentingan kelompok, dan tidak semua orang menyukainya.

Ketika ada orang lain yang kontra, maka kelompok tersebut beramai-ramai untuk angkat biacara dan memojokkan orang tersebut, disinilah penyebab cyber bullying.

5. Merasa keren dan tangguh di media sosial

Ketika orang menjadi pelaku cyber bullying dan merasa mampu membuat korbannya measa lemah otomatis pelakunya merasa keren dan tangguh.

Bagi kebanyakan orang yang tidak mmpunyai pekerjaan lain, hal ini merupakan hal yang menarik dan menyenangkan, sensai tersendiri.

6. Ada kecendrungan iri dan senang menyakiti orang lain

Di media sosial berbagai macam karakter orang tersebar bebas mau bicara apapun, ada yang irri dan tidak suka melihat orang lain senang menjadi pemicu dan penyebab cyber bullying.

Hal lainnya memang sudah kepribadiannya menikmati melihat orang lain menderita dan tersakiti siapapun itu, pelaku akan mencari sasaran orang yang mudah terpancing.

Dampak Cyber Bulling di Media Sosial Bagi Pelaku dan Korban

Cyber Bullying, yaitu suatu bentuk dari kekerasan non fisik yang dilakukan oleh orang – orang di dunia maya atau dunia cyber. Penggunaan media sosial sesungguhnya memerlukan kemampuan kontrol diri yang baik, entah bagi pelaku cyber bullying maupun korbannya.

1. Dampak Cyber Bullying Bagi Pelaku

Pelaku cyber bullying memiliki banyak alasan untuk melakukan ha tersebut, seringnya hanya untuk cari perhatian dan tidak ada perilaku produktif lain yang bisa dikerjakan.

  • Terbiasa berkata kasar dan tidak sopan.
  • Dibenci orang lain.
  • Dipenuhi hati yang buruk dan busuk.
  • Selalu negative thinking.
  • Anti empati dan Anti simpati.
  • Tidak peka terhadap perasaan orang lain.
  • Mudah marah dan tidak pandai mengontrol emosi.
  • Selalu ingin menang sendiri.
  • Selalu merasa dirinya benar.
  • Selalu menyepelekan apapun.
  • Kehilangan kesempatan untuk masa depannya.

2. Dampak Cyber Bullying Bagi Korban

Bagi korban sangat berpengaruh karena ini merupakan pukulan berat yang mungkin tidak bisa ia hadapi sendiri, bagi kamu orangtua perlu mengawasi anak untu bijak dalam bermedia sosial.

  • Depesi yang berlebihan.
  • Merasa dirinya tidak berguna.
  • Muncul dendam dan amarah.
  • Kehilangan rasa percaya diri.
  • Diliputi rasa sedih dan kegagalan.
  • Tidak pandai dalam mengambil keputusan dan menyelesaikan masalah.
  • Ada pikiran untuk mengakhiri hidup.
  • Selalu paranoid dan selalu merasa dipermalukan.
  • Menjadi pribadi yang rapuh dan sangat sensitif.
  • Kehilangan semangat hidup.

Cara Mengatasi Cyber Bullying

Cyber Bullying adalah perlakuan kasar yang dilakukan satu atau sekelompok orang secara berulang dengan bantuan alat elektronik yang membuat targetnya kesulitan untuk membela diri,.seyogyanya cyber bullying dapat dicegah dan diatasi dengan cara:

  1. Tidak posting terlalu sering atau banyak.
  2. Hindari konten posting-an yang aneh.
  3. Pintar-pintar memilih teman di sosial media.
  4. Tidak sembarang bercerita di sosial media.
  5. Tidak terlalu ikut campur dengan urusan orang lain.
  6. Share informasi yang netral dan bermanfaat.

"Jika Lisan Ibarat Pisau, maka Tulisan di Media Sosial Ibarat Kapak. Semuanya Dapat Membunuh Bukan?"

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url