Cara Melawan Anxiety Disorder, Gangguan Kecemasan Berlebihan

Gangguan Kecemasan Yang Berlebihan

Anxiety Disorder merupakan gangguan kecemasan yang bentuknya emosi dimana merasa selalu terancam maupun diawasi oleh objek yang tidak terlalu jelas, penderitanya pun tidak tahu apa yang membuatnya gelisah. Cara melawan anxiety disorder harus ditangani secepatnya sebelum parah.

  1. Ciri Ciri Penyakit Anxiety Disorder yang Harus Kamu Tahu
  2. Cara Melawan Anxiety Disorder Bagi Kamu yang Mengalaminya
  3. Tes Anxiety Disorder yang Bisa Kamu Lakukan

Penderita anxiety disorder akan merasa tertekan dan was-was namun memang objeknya berbeda- beda. Ada yang merasa akan dibunuh, merasa tidak mengerjakan sesuatu dengan benar lalu mengulangnya, ada yang merasa takut dengan makhluk astral, ada juga yang cemas saat naik panggung, pergi wawancara, dan masih banyak lagi.

Cara melawan anxiety disorder mungkin tidaklah mudah karena kesembuhannya berpengaruh dari dalam diri individu, terkadang anxiety disorder sebabnya dari kepribadian perfeksionis jenisnya pun OCD (Obsesiv Compulsive Disorder) dimana gangguan pikiran akibat ketakutan yang berlebihan terhadap suatu hal seperti takut akan bakteri sehingga dia mengulang terus-menerus untuk mencuci tangan.

Cara melawan anxiety disorder kamu perlu tahu terlebuh dahulu jenis gangguan kecemasan itu seperti, Social Anxiety Disorders atau fobia sosial, dimana seseorang mengalami kecemasan berlebihan ketika menghadapi orang lain atau berada dalam lingkungan sosial.

Kemudian Post Traumatic Stress Disorder(PTSD) yang memiliki kisah traumatik pada dirinya yang begitu menakutkan dan berat seperti kasus pelecehan seksual, kematian orang yang dicintai, bencana, dan lain lain. Spesific Phobias atau Gangguan fobia adalah ketakutan terhadap hal tertentu, seperti fobia ketinggian takut terhadap ketinggian, takut melihat darah, atau lainnya yang serupa.

Ciri Ciri Penyakit Anxiety Disorder yang Harus Kamu Tahu

Pemicu dari anxiety disorder sangat bermacam-macam, biasanya stress, trauma, tertekan, adanya fobia, penggunaan obat obatan, ketidakseimbangan kadar kimiawi dalam tubuh, perubahan struktur otak, dan lain sebagainya. Penderita anxiety disorder sangat mudah cemas tanpa terduga dan ketika terjadi terus menerus dapat mengakibatkan depresi, insomnia, penarikan diri, hingga bunuh diri.

Dalam kondisi yang sudah parah, anxiety disorder dapat tiba tiba muncul tanpa sebab hanya karena pikiran dari orang tersebut memanipulasinya sendiri dengan hal hal yang menakutkan baginya. Ciri ciri penyakit anxiety disorder sangat terkait dengan psikis yang tidak pernah bahagia dan selalu dipenuhi rasa cemas.

Seringkali penderitanya merasa gemetar, dan berkeringat secara berlebihan serta detak jantung yang tidak terkontrol. Untuk itu kamu perlu tahu ciri-ciri penyakit anxiety disorder secara jelas apakah gangguan kecemasan yang dirasakan masih dianngap wajar atau fatal butuh penanganan medis.

1. Ciri ciri penyakit anxiety disorder secara Fisik

Ciri ciri anxiety disorder yang bisa dilaht secara nyata yaitu ketika Jantung berdebar kencang sampai terasa menyakitkan, keringat dingin, dan berkunang-kunang. Mendadak ingin pingsan, merasa gila, atau bahkan seperti ingin mati ketika sedang memikirkan, membayangkan atau menghadapi suatu hal.

2. Ciri ciri penyakit anxiety disorder secara Psikis atau Emosional

Ciri ciri anxiety disorder ini hanya bisa dirasakan oleh penderitanya saja dimana dipenuhi perasaan ketakutan yang berlebihan , kekecewaan , amarah , atau, dibawa ke tingkat ekstrim, depresi , menangis atau tertawa tak terkendali, perasaan tidak berdaya pada suatu hal yang tidak bisa diceritakan atau digambarkan secara gamblang.

3. Ciri ciri penyakit anxiety disorder secara perilaku

Ciri ciri anxiety disorder yang terakhir dimana orang penderitanya mengalami gelisah , mondar-mandir, penyalahgunaan zat , penghindaran, memaki., kosong, kesulitan berkonsentrasi, negatif self-talk, perasaan takut, membandingkan diri sendiri kepada orang lain, kesulitan mengatur pikiran seseorang.

Cara Melawan Anxiety Disorder Bagi Kamu yang Mengalaminya

  • Harus memiliki tekad yang kuat untuk berubah dan sembuh.
  • Kenali ciri ciri penyakit anxiety disorder dan jenisnya.
  • Lakukan tes anxiety disorder untuk mengetahui intensitas gangguan kecemasanmu.
  • Berhenti untuk selalu memikirkan dan menganalisa hal yang tidak perlu.
  • Temukan kebahagiaan dan kesenangan dengan caramu sendiri tanpa memikirkan apa kata orang lain yang negatif.
  • Hindari fikiran negatif dan tidak memperpanjang perasaan cemas dan gelisahmu.
  • Kumpulkan keberanian dalam dirimu, kamu tidak boleh kalah, kamu bisa melawan perasaan aneh dan menganggu itu .
  • Menghadapi adalah cara terbaik, bukan lari dan terus bersembunyi karena itu akan menambah rasa cemas dan takutmu.
  • Berhentilah begadang dan konsumsilah tontonan yang menhibur, hindari tentang horror, misteri, pembunuhan dan hal lain yang tidak mendidik.
  • Jika terus terbayang, alihkan fikiranmu segera dan sibukkan dirimu pada hal yang lain.
  • Lakukan meditasi, berdamailah dengan dirimu dan segala kecemasan serta ketakutan itu, temukan ketenangan mu dan beri dirimu kesempatan untuk menang dan sembuh.

Tes Anxiety Disorder yang Bisa Kamu Lakukan

Sebagai informasi kamu jangan terlalu serius untuk menyimpulkan jika kamu memiliki anxiety disorder. Kamu mungkin perlu melakukan tes anxiety disorder secara psikologis dan medis agar menemukan cara mengatasi anxiety disorder mu tersebut.

Tes anxiety disorder dilakukan ketika seseorang mengalami pengalaman sebelum, selama, atau setelah tes atau penilaian. Kecemasan yang buruk menyebabkan atau mempengaruhi normal pembelajaran (Test Anxiety Questionnaire) dilakukan oleh G. Mandler dan SB Sarason pada tahun 1952). Banyak tes tes anxiety disorderonline yang bisa kamu lakukan atau pergilah bonsultasi ke psikater atau dokter yang dapat membantu mu dalam setiap apa yang kamu rasakan.

Tes ini dikemas untuk mengevaluasi tingkat kecemasan anda secara umum. Tingkat kecemasan yang tinggi sangat mengganggu penampilan saat pertandingan dan latihan. Setelah mengetahui tingkat kecemasan – maka diperlukan tindak lanjut seperti konseling. Konseling adalah usaha untuk memberikan petunjuk perbaikan dan harus dikerjakan oleh orang lain selain pelatih.

Rasa Takut Terbesar adalah Ketika Kamu Tidak Mampu Mengalahkan Dirimu Sendiri

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url