Sebentar Lagi Pemilu, Tips Menjadi Pemilih 2019 Indonesia yang Cerdas !

Menjadi Pemilih Pemilu 2019 Indonesia

Menjelang pemilu nih guys, nih tulisan ditujukan buat kamu para pemuda yang belum kenalan sama makhluk yang namanya pemilu, yaps pemilu atau pemilihan umum intinya nyoblos siapa pemimpin yang bakal kamu pilih. Pemilu 2019 Indonesia tepatnya itu 17 april dan itu ditetapkan jadi hari libur dadakan.

  1. Fakta-fakta tentang Isu Pemilu 2019
  2. Jadi Pemilu 2019 Memilih Siapa ? Saatnya Jadi Pemilih yang Cerdas

Kamu mungkin bingung kan karena banyak banget yang harus dipilih di pemilu 2019 Indonesia ini, sulitnya kayak mau milih pasangan hidup haha. Tapi kamu wajib nih milih alias nyoblos karena kamu punya hak suara apalagi yang udah termasuk pemilih pemilu 2019 Indonesia. Selamat menentukan pilihan haha.

Kenapa harus memilih ? padahal banyak isu yang pastinya bikin kamu mabok ikut campur sama politik, tapi anggaplah itu sebagai hiasan yang mewarnai pemilu guys, kamu gak perlu ikut nimbrung atau gak harus dengerin banget. Cukup tahu dan nyimak biar gak kudet lah. Daripada pusing gak karuan, nih fakta tentang isu pemilu 2019,

Fakta-fakta tentang Isu Pemilu 2019

Isu pemilu 2019 ini pasti buat kamu lelah dan ngomel, isinya media sosial, media cetak atau obrolan temen temen kamu hampir semua tentang isu pemilu 2019, capres, debat, entah mereka sok tau atau ikut-ikutan aja, gak bengong aja kaya kamu yang scroll whatsapp berharap gebetan kamu ngechat, haha.

1. Fitnah Antar Kubu

Jangan heran guys karena kamu bakal melihat fitnah antar kubu tim sukses dan pendukung antar calon, bukan hanya calon presiden ya, tapi juga bakal ada yang harus kamu pilih di pemilu 2019 Indonesia kali ini yaitu anggota DPRD RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten atau Kota. Fitnah tersebut gak perlu kamu masukin hati dan dipikirin banget ya. Kecuali kamu mau mencari kebenarannya.

2. Saling Ejek dan Hina Antar Kubu

Sebutan-sebutan yang aneh juga muncul nih guys macam cebong, jenderal kardus, dan sebagainya. Sebenernya ejekan di isu pemilu 2019 ini muncul dalam kubu dan pendukung saja kok guys, paslonnya tetap damai dan adem ayem malah makan dan meetup bareng, lucu kan? Ini pemilu 2019 Indonesia guys, bahkan ada yang sudah bersahabat lama malah berantem dan saling blokir karena beda pilihan haha.

3. Saling Menjatuhkan dan Mencari Kesalahan

Ini jelas terjadi dalam isu pemilu 2019, saling serang dan mencari kelemahan untuk mendapat simpati rakyat dan mengambil alih suara, dari kesalahan dalam kehidupan pribadi sampai public akan diungkap dan diumbar-umbar, kamu hanya perlu menikmati ajang pesta demokrasi ini ya guys karena memang ini yang terjadi.

4. Setiap Calon Memberi Janji Manis

Ini nih yang gak kalah seru, para paslon dan calon legislatif beserta para partainya menawarkan janji janji yang manis banget guys ehem manisnya melebihi kamu, iya kamu haha. Dari menawarkan dalam aksek kesejahteraan, pekerjaa, kesehatan, pendidikan yang bisa kamu lihat aksinya di toko televise terdekat. Yah kamu gak harus percaya sih karena kamu pasti hanya perlu bukti bukan hanya janji kan, eaaak.

5. Ada Saja Pihak yang Memprovokator dan Adu Domba

Hoax yang bertebaran itu ada saja yang nyebarin guys, pihak-pihak yang pastinya punya jiwa adu domba yang kuat dan udah punya lisensi provokasi yang teruji haha. Jadi kamu jangan harap ini bakal berhenti karena bakal terus terjadi.

6. Golput itu Haram ?

Isu pemilu 2019 yang masih hangat ini bagi yang Muslim yang mengikuti fatwa MUI, taukah Majelis Ulama ndonesia mengeluarkan fatwa kalau golput itu haram, ada yang takut ada yang adem ada yang protes, kamu termasuk yang mana nih guys ?

7. Ada 38 Eks Koruptor Nyalon

Di antara ribuan calon, terdapat 38 mantan terpidana kasus korupsi. yang juga sedang dalam proses untuk menjadi wakil gubernur Jakarta. Cari informasinya di media sosial dan mbah google ya guys, jangan sampai salah pilih.

Jadi Pemilu 2019 Memilih Siapa ? Saatnya Jadi Pemilih yang Cerdas

Kamu berencana golput ? Mending Tidur ? ya emang bener sih haha. Tapi apa kamu gak ngerasa rugi siapa tau di Tempat Pemungutan Suara (TPS) tempat kamu nyoblos eh ketemu doi atau jodohmu disana ? atau bisa kenalan sama pengawas pemilunya haha.

Terus yang lain pada posting ujung kelingking ungu tanda udah nyoblos dengan bangganya kamu tiba tiba pengen gimana coba ? ujungnya kamu beli tinta sendiri terus ngeluarin uang kan hayo. Karena pemilu 2019 memilih, jadilah pemilih guys. Jadi gimana pemilu 2019 memilih siapa nih, yuk ikutin tips berikut biar gak bingung lagi dan biar jadi pemilih yang cerdas :

  1. Hafalkan warna kartunya guys, ingat nih abu abu: presiden, Kuning: anggota DPR RI, Merah: anggota DPD RI, Biru: anggota DPRD Provinsi, Hijau: DPRD Kota / Kabupaten.
  2. Jangan mau menerima money politik untuk mencoblos dan memilih, ya walaupun menggiurkan sih haha.
  3. Jangan memakai symbol atau lambang yang berbau politik ya pas nyoblos.
  4. Memilihlah dengan kata hati guys jangan kata dia.
  5. Jangan terpengaruh hoax, provokasi, omongan orang yang saling menjatuhkan antar kubu.
  6. Jika tidak ada yang kamu ingin pilih karena semua tidak sesuai, kamu harus tetap memilih guys karena ini akan menentukan gimana Indonesia 5 tahun ke depan.
  7. Ciri calon yang baik biasanya dalam kampanye lebih banyak mendengarkan keluhan dari rakyat dan bukannya bicara sendiri.
  8. Calon yang baik biasanya tahu persis permasalahan daerah yang akan dipimpinnya sehingga menawarkan program yang realistis.
  9. Selidikilah pula moral dan etika para calon. Apakah dia misalnya pernah tersangkut masalah hukum seperti korupsi. Apakah dia punya selingkuhan, dan lain-lain.
  10. Satu lagi jika kamu pendukung seorang calon jangan terlalu radikal dan anarkis ya, karena bagaimana kamu bertindak itu cerminan dari orang yang kamu dukung.

Yuk Menjadi Anak Muda Sadar Politik, Pemilih Cerdas untuk Pemimpin Berkualitas.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url