Kamu Malu Ngiler Saat Tidur ? Ternyata Ini 8 Penyebabnya

Kamu Malu Ngiler Saat Tidur

Hampir setiap orang pernah bangun dari tidurnya dan menyadari ada pulau yang terbentuk di bantal dan bau banget, haha. Jangan-jangan termasuk kamu yang ngiler saat tidur. Ngiler saat tidur memang sering terjadi dan banyak faktornya ada yang kecapekan sampai kelelahan.

  1. Penyebab Ngiler Saat Tidur
  2. Bagaimana Mengatasi Ngiler Saat Tidur ?

Kebiasaan ngiler saat tidur disebut sialorrhea atau produksinya air liur atau bahasa kerennya "iler" yang berlebihan yang jadinya tumpah dan mengalir dari mulut kamu yang terbuka saat tidur. Kamu gak perlu malu guys saat punya kebiasaan ngiler saat tidur karena ada caranya mengatasi ngiler saat tidur.

Bagi yang belum pernah ngiler saat tidur dan kaget menerima kenyataan ini, kamu tidak perlu khawatir karena bisa jadi tidurmu sangat nyenyak dan berkualitas sampai kamu ngiler saat tidur. Bisa jadih loh hehe.

Penyebab Ngiler Saat Tidur

Normalnya, jumlah air liur yang diproduksi saat tidur akan lebih sedikit jika dibandingkan dengan saat masih terjaga, sekitar 0,3 hingga 1 ml/1,7 m2/ menit. Saat kamu masih terjaga, jumlah produksi air liur akan lebih banyak, namun ada yang mampu menelannya tapi ada yang justru keluar tanpa sadar karena adanya penyebab ngiler saat tidur berikut:

  1. Masalah pada gigi yang tumbuh (pada anak kecil) dan sakit gigi pada orang dewasa akibat dari gigi berlubang atau adanya makanan terselip.
  2. Gangguan pola tidur yang tidak teratur ataupun susah tidur menjadi penyebab ngiler saat tidur loh guys.
  3. Gangguan pencernaan yang tidak normal mempengaruhi sistem organ lainnya.
  4. Kelelahan yang berlebihan terkait aktivitas yang rutin merupakan penyebab ngiler saat tidur, tapi ini hanya terjadi saat tubuh mengalami kelelahan saja karena otot tidak berfungsi dengan baik.
  5. Konsumsi obat anti depresan karena Beberapa jenis obat-obatan tertentu seperti obat anti depresan bisa membuat produksi air liur meningkat.
  6. Penyakit tonsillitis, salah satu penyebab ngiler saat tidur secara medis dimana kelenjar amandel di tenggorokan mengalami peradangan. Hal ini akan membuat amandel membengkak dan mengganggu laju air liur menuju kerongkongan.
  7. Mulut yang Tidak tertutup rapat atau terbuka saat tidur merupakan penyebab ngiler saat tidur yang paling sering karena saat tidur kamu tidak akan sadar dan ketika itu air liur mu mengalir begitu saja memenuhi bantalmu.
  8. Anatomi mulut atau rahang yang tidak normal membuat kontruksi ototmu menjadi longgar dan memungkinkan kamu ngiler saat tidur.

Bagaimana Mengatasi Ngiler Saat Tidur ?

Mengatasi ngiler saat tidur susah gampang guys, kamu hanya perlu melakukan usaha usaha kecil untuk mengatasinya, simak beberapa hal dibawah ini ya yang perlu kamu coab untuk mengatasi ngiler saat tidurmu biar gak jadi kebiasaan atau malah pengen mengubah kebiasaan ini.

  • Menambah ketinggian bantal kamu.
  • Usahakan tidur terlentang.
  • Usahakan mulut tertutup ya.
  • Bernafaslah lewat hidung saat tidur (ini sih susah yah aha) untuk itu kamu brlatih pernafasan.
  • Minum air putih sebelum tidur.
  • Jaga kesehatan gigi dan gusi dan jangan lupa gosok gigi setelah makan dan tidur.
  • Istirahat teratur dan jangan sampai melakukan aktivitas yang melelahkan.
  • Mengindari obat anti depresan.
  • Mengenali dan menyembuhkan penyakit sedini mungkin.
  • Menjauhi makanan asam dan pedas.
  • Baca doa dan atur posisi tidur kamu senyaman mungkin.

Nah itu deh cara mrngatasi bagi kamu yang ngiler saat tidur, bagi kamu yang sudah memiliki kebiasaan ngiler saat tidur harus pelan-pelan memperbaiki pola tidur dan pola kehidupanmu guys, jangan lupa berolahraga untuk membuat tubuh sehat dan bugar. Semoga bermanfaat ya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url