Inilah Fakta tentang Jenis Trauma yang Susah Dilupakan

Inilah Fakta tentang Jenis Trauma yang Susah Dilupakan

Alasan Mengapa Orang Mudah Trauma

Jika kamu sering mendengar kata "trauma" pasti selalu dikaitkan dengan suatu pengalaman yang negatif ataupun hal yang sangat dihindari bagi kebanyakan orang yang pernah mengalaminya, karena hidup tidak selamanya memberi pengalaman yang manis.

  1. Sebab Akibat Trauma Dalam Diri Seseorang
  2. Jenis Trauma Duka Cita
  3. Jenis Trauma Kompleks
  4. Cara Mengatasi Trauma

Hampir semua orang pernah mengalami trauma tapi ketahanannya sangat variatif guys, ada yang kuat melewatinya namun ada juga yang justru terguncang dan sampai berefek panjang pada kehidupan masa depannya.

Banyak sekali orang yang mudah trauma dengan hal yang dianggap sepele namun pada dasarnya memang rasa trauma dalam diri tidak bisa diukur maupun disamakan satu dengan yang lainnya karena jenis trauma yang kamu dan setiap orang rasakan jelas berbeda

Jenis trauma dari yang ringan sampai berat seperti trauma pada orang asing, trauma pada hewan berbulu, trauma naik sepeda motor, trauma ketinggian, seringkali efek trauma menjadi sebuah phobia guys karena sebuah trauma tersebut sangat melekat dan tidak bisa dilupakan.

Sebab Akibat Trauma Dalam Diri Seseorang

Sejak Kecil kamu pasti mencoba hal-hal baru dan belajar dari hal tersebut. Orangtua kamu membiarkan mu untuk mencoba segala sesuatu dan membuat kamu jatuh dan bangun agar kamu mandiri dan merasakan kehidupan sejak dini.

Namun mental seseorang memiliki level kekuatan yang berbeda, faktornya bisa jadi dari didikan keluarga, lingkungan, pengalaman visual maupun verbal. hal tersebut menjadi sebab trauma dalam diri seseorang. Masa-masa yang tidak menyenangkan pun menjadi faktor utama ditambah lagi tidak adanya sebuah dukungan.

Taukah kamu guys, ingatan semasa kecil itu seringkali sangat jelas tercatat karena pada fase tersebut seorang anak sedang membentuk dirinya dalam masa masa pertumbuhan, bersamanya tumbuh pengalaman dan kenangan yang seringkali kejadian pahit dan buruk yang sangat diingat seperti bullying.

Tidak hanya pada masa kecil, saat dewasa pun kamu pasti sering mengalami hal-hal yang membuat kamu trauma seperti dikhianati pasangan, perceraian, penolakan dari lingkungan yang kemudian berusaha lari dan meninggalkan semua itu.

Rasa trauma juga terkadang membuat orang menjadi berubah, tidak seperti dirinya sebelumnya. Trauma juga menjadi akar yang begitu dominan ketika orang menjadi stres, cemas, takut, gelisah yang semua itu menyebabkan seseorang mengalami disfungsi sosial dan menjadi pribadi yang tertutup

Jenis Trauma Duka Cita

Trauma yang mendalam yang faktornya dari kejadian yang sangat menyedihkan dan pilu. Seringkali trauma ini terjadi akibat kehilangan seseorang, trauma bencana, trauma kehilangan harga diri, trauma rasa sakit, trauma terluka dan terjatuh serta trauma akan kegagalan yang bertubi-tubi.

Trauma psikologis kehilangan ini menyebabkan seseorang menjadi lebih murung, pendiam, dan suka mengurung diri. Pada kondisi yang berlarut larut hal ini bisa menjadi gangguan psikologis kronis yang memunculkan gejala seperti halusinasi.

Trauma duka cita membuat seseorang kehilangan kesadarannya akan kenyataan yang sebenarnya, trauma jenis ini banyak dirasakan seseorang ketika psikis nya sangat lemah dan tidak mampu menerima hal yang menyedihkan.

Trauma ini termasuk trauma yang akan menjadi parah jika seseorang tersebut tidak mendapat dukungan dan penangan mental dengan segera. Jika dibiarkan semakin lama akan semakin kronis. Jika mental yang kuat.

Trauma semacam ini akan membuatnya semakin berambisi dan kemungkinan ia akan menjadi pribadi yang sangat kuat, kemungkinan orang tersebut akan menjadi orang asing bagi kehidupan masa lalunya.

Jenis Trauma Kompleks

Trauma ini sering disebut PTSD (Post Traumatik Stres Disorder) dan sering dialami oleh seseorang dengan lanjut usia atau tingkat umur yang sudah sangat matang. trauma ini terjadi dimana kondisi mental mengalami kecemasan berlebihan akibat pengalaman besar dan luar biasa di masa lalu yang menyakitkan dan sangat berat.

Kejadian traumatik dimasa lalu bisa meliputi semua kejadian tidak menyenangkan. Pada orang yan lanjut usia PTSD bisa diakibatkan ketakutan akan peristiwa seperti perang, kecelakaan, atau insiden yang menyangkut tentang nyawa.

Trauma ini pun mempengaruhi perkembangan kehidupan manusia kedepannya, karena berpengaruh pada respon keadaan atau situasi lainnya. Hal ini memiliki pengaruh yang kuat terhadap kelanjutan hidupnya.

Cara Mengatasi Trauma

  • Membuka Diri dan Menemukan Kebahagiaan Baru, seperti mencari teman baru, pergaulan baru, hobi yang menyenangkan.
  • Menenangkan Diri dan Pergi ke Tempat yang Damai dan Tentram seperti villa, pantai, suasana desa.
  • Sering berkomunikasi dengan orang lain, menceritakan dan berbagi cerita dapat membuatmu merasa didengarkan dan tidak sendiri, banyak orang yang menyangimu.
  • Membangun kepercayaan dengan diri sendiri dan kehidupan yang lebih baik, dengan berdamai dengan diri sendiri dan meyakini ada hal yang lebih baik menunggumu.
  • Luangkan diri untuk berkonsultasi tentang perkembangan psikologi mu pada psikiater, hal ini dapat membuatmu merasa lebih baik dan dapat memberi kemajuan secara mental
  • jangan lupa atur pola makan dan olahraga, cari kegiatan rutin dan jangan menahan emosi dan trauma mu sendirian. salirkan semua pikiran yang membuatmu trauma menjadi aktivitas yang positif dan bermanfaat.

Sekian dulu ya, trauma bukan akhir dari segalanya, jangan sampai trauma kamu membuat kamu berhenti dan putus asa, dengan berdamai dengan dirimu dan bangkit dari rasa cemas akibat trauma berarti kamu sudah menang dari sebuah tantangan hidup.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url