Tidak Perlu Galau Memilih Kampus, Tips Memilih Kampus Berkualitas

Tips Memilih Kampus Berkualitas

Bagi kamu yang bingung memilih kampus berkualitas dan mencari mana yang cocok buatmu kamu sudah ada di blog yang tepat dan akan menjawab kegalauan kamu diks- adiks.

Oke memilih kampus berkualitas bisa dibilang gampang- gampang sulit, kenapa sih kita harus memilih kampus berkualitas ? karena kualitas itu akan berpengaruh pada prospek menentukan masa depan dan arah potensi diri yang kamu miliki diks. Lalu bagaimana memilih kampus yang berkualitas dan apa ukuran sebuah kampus disebut berkualitas ? geser ke bawah kuy.

Butuh perjuangan ketika menentukan kampus yang berkualitas dan ideal apalagi dengan banyak saingan ketat dan tes masuk perguruan tinggi yang lumayan susah kayak ujian nasional session 2 haha. Tapi jangan khawatir diks, tidak ada yang tidak mungkin jika kamu mencoba dan mengambil peluang yang ada, fighting !

Sebagai calon mahasiswa, kamu harus cerdas dan matang mempertimbangkan untuk memilah kampus dan jurusan yang terbaik buatmu. Jangan karena ikut teman, jaga imetz, atau buat pamer- pamer, duh mending gak usah kuliah deh karena itu pemikiran yang low banget.

Informasi sekarang kan dah canggih tuh, kamu boleh googling untuk mencari kampus yang bagus dan buatllah list nya yang tepat dan sesuai dengan passionmu. Maka itu sebelum kamu memutuskan kampus ideal yang kamu pilih alangkah baiknya kamu mantapkan dulu hatimu dan bulatkan niatmu sebenernya kamu pengen kearah mana masa depanmu.

Biar gak makin bingung dan galau simak nih khusus buat diks adiks yang sedang mencari kampus berkualitas, scroollll.

Ciri Kampus Berkualitas dan Memilih Jurusan yang Ideal

Nah untuk memilih kampus berkualitas secara bijak, tidak terlepas dari ciri kampus berkualitas dan memilih jurusan yang ideal. Poin pertama yang harus kamu ingat yaitu jangan terlalu fokus pada Kampus Negeri atau Kampus Swasta. Sebenernya kampus berkualitas itu tidak ditentukan dari berbasis negeri atau swastanya diks. Yang membentuk kampus berkualitas itu banyak seperti tingkat intelektual mahasiswa dan dosennya, akreditasi, kurikulum etika, dan sarana prasarananya.

So, jangan terlalu berfikir apatis ya. Negeri maupun swasta intinya sama aja dan relatif. Perbedaannya terletak pada uang SPP nya yang mana kalau negeri itu bisa lebih murah karena disupport oleh pemerintah. Kalau swasta itu biayanya penuh dibebankan dari SPP mahasiswanya jadi cenderung mahal.

Nah, ciri kampus berkualitas bisa kamu lihat dari akreditasinya. Biasanya akreditasi itu menentukan kampus yang memenuhi mutu pendidikan dan standar kelayakan yang ditinjau dari berbagai aspek yang telah di tetapkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Pilihlah kampus dengan Akreditas A atau B yang sudah terjamin kualitasnya ya diks.Oh ya, bukan berarti yang C itu buruk tapi memang sedang proses meningkatkan kualitasnya aja kok.

Selain itu kamu boleh liad dari input dan output mahasiswa, kebanyakan mahasiswanya seperti apa dan alumninya seperti apa itu bisa jadi sedikit cerminan dari kualitas kampusnya lhoh walaupun gak terlalu mewakili sih. Kamu boleh liad misal si Ratih dari kampus A dan Desi dari kampus B, mereka bekerja di tempat yang sama dan bidang yang sama, kamu boleh analisis praktik lapangan dan aplikasi ilmu mereka guys berdasarkan lulusannya. Tapi tidak boleh dijadikan patokan ya.

Setelah kamu menentukan perguruan tinggi yang sesuai dengan keinginan dan passionmu, jangan lupakan memilih jurusan Tips memilih jurusan yang tepat yaitu lihat kembali akreditasnya karena akreditas kampus akan berbeda dengan akreditas jurusannya. Pilihlah beberapa opsi prodi yang sesuai kemampuan dengan akreditas yang mumpuni, sesuaikanlah dengan potensi dirimu, carilah informasi sebanyak-banyaknya terkait prospek masa depan jurusan tersebut.

Fasilitas Kampus yang Ideal

Fasilitas kampus yang ideal disini bukan hanya diukur dari bangunan, ruangan atau gedung ya diks tapi juga dari tenaga dosen, buku-buku serta literatur yang lengkap, pelayanan dan etika pegawai saat melayani, serta informasi yang diberikan dari pihak kampus melalui online ataupun offline. Semua itu merupakan hal terpenting yang menjadi tolak ukur fasilitas kampus yang ideal.

Kualitas dan kuantitas yang sangat berpengaruh yaitu tenaga pengajar yang menyampaikan ilmu kepada kita apakah mata kuliah yang diajar sesuai dengan kualifikasi dan gelar ilmunya, kalian bisa lihat melalui profi di setiap kampus yang kalian tuju.

Di sisi lain fasilitas penunjang seperti gedung, taman, ruang kelas, perpustakaan, tempat ibadah, dan sebagainya juga memiliki peran khusus karena semakin baik fasilitas kampus maka semakin terjamin kenyamanannya, ciee nyaman ehem.

Kriteria Kampus Terbaik di Indonesia

Setelah banyak yang menjadi pertimbangan untuk memilih kampus berkualitas, berikut ini SiapaKamu.com rangkum gimana sih kriteria kampus terbaik, check it out !

  • Akreditasi kampus dan jurusannya yang memiliki sertifikat dan dinilai baik di mata masyarakat dan akademisi
  • Sistem pengelolaan informasi dan mutu pendidikannya terjamin dan mengutamakan kualitas
  • Tenaga dosen dan kualifikasinya yang sesuai dan mumpuni
  • Mahasiswa memiliki etika baik dan lulusannya tersebar serta diterima di perusahaan dan lingkungan kerja yang baik
  • Fasilitasnya lengkap dan tertata dengan rapih
  • Kontribusi kampus terhadap masyarakat diakui secara umum
  • Transparansi biaya pendidikan dan kesesuaian dengan kualitas yang diberikan
  • Tidak pernah memiliki skandal asusila, korupsi, dan sebagainya
  • Memiliki visi, misi, serta aturan yang terorganisir
  • Aktif dalam kegiatan akademis seperti penerbitan jurnal dan lomba-lomba berbasis ilmiah
  • Memiliki perpustaan yang elite dengan koleksi buku yang mumpuni

Kurang lebihnya segitu dulu ya diks, sebagai bonus, siapakamu.com kasih list nih buat jadi referensi agar kamu tinjau kembali ya kampus-kampus berkualitas negeri maupun swasta yang tersebar di Indonesia seperti UGM, UNY, Universitas Bina Nusantara, UII, Universitas Airlangga, Universitas Kristen Petra, dan lain lain bisa kamu cari sendiri ya hehe, SUKSES buat kamu semua ! like, share, comment.

Next Post Previous Post
2 Comments
  • Abdul Majid
    Abdul Majid 13/3/19

    Di kampus manapun kita kuliah, kalau kita tdk imbangi dgn kemauan kita, maka hasilnya juga iya begitu2 aja. Apalagi di tambah dgn kampus yg biasa2 saja.

    Salam www.abdulmajid.id

    • siapakamu
      siapakamu 14/3/19

      Betul

      Salam kembali

Add Comment
comment url