Simak Gangguan Kepribadian Perfeksionis Dan Kenali Dirimu!

Kepribadian Perfeksionis

Hi Guys, apakah kamu tipe orang yang sistematis ? teliti ? atau kamu tipe orang yang sangat membenci kesalahan sekecil apapun ? yups, kamu sangat menyukai kesempurnaan. Semua harus sesuai harapan dan kehendakmu, jika itu tidak terjadi maka yang kamu rasakan adalah kegelisahan dan kecemasan.

  1. Ciri- Ciri Kepribadian Perfectionist
  2. Gangguan Kepribadian Perfeksionis
  3. 3 Zodiak Perfeksionis

Nah, ini disebut kepribadian perfeksionis yaitu kepribadian dengan kecendrungan yang lebih terhadap pencapaian dengan kondisi terbaik. Kepribadian perfeksionis sangat memperhatikan segalanya dengan detail dan menuntut dirinya sendiri untuk berfikir dan bertindak secara sempurna.

Apakah itu sebuah gangguan atau penyakit? Akan siapakamu.com bahas nanti. Mohon syabar hehe. Di sisi lain kepribadian perfeksionis itu sangat menganggu orang lain guys karena dengan pola pikir seorang perfeksionis yang berlebihan dan terlalu khawatir dengan suatu hal akan risih dengan lingkungan sekitarnya dan akan menekan orang lain untuk melakukan hal seperti yang ia inginkan. Parah juga kan?

Menuntut kesempurnaan diri adalah sesuatu yang sangat melekat pada orang dengan kepribadian perfeksionis, Oleh karena itu sifat perfeksionis terkadang akan menimbulkan masalah yang cukup intens pada diri sendiri.

Ketidakpuasan seringkali menjadi momok yang kuat bagi orang yang perfeksionisme, dimana berkeyakinan bahwa segala hal bersifat kompetisi yang harus dimenangkan, memang karakter perfect dapat menjadi positif ketika menjadi sebuah bentuk kerja keras dan usaha secara totalitas dalam meraih mimpi dan cita-cita, misal.

Ciri- Ciri Kepribadian Perfectionist

Menurut Jennifer Kromberg, seorang psikolog, perfeksionis merupakan dorongan yang terus-menerus dalam diri seseorang untuk memiliki segala sesuatu yang berjalan dengan sempurna dan sesuai dengan yang diharapkan. Perfectionist sendiri diadaptasi dari bahasa inggris "perfect" yang berarti sempurna, dan perfectus dalam bahasa Latin berarti sempurna, patut dicontoh, terbaik.

Biar lebih gampang dibaca, artikel ini memakai kata "perfeksionis" supaya lidahmu gak keseleo guys, haha. Oke lanjut ya, sebenernya apa saja sih ciri-ciri kepribadian perfectionist? Mungkin sebagian dari kita tidak sadar kalau udah termasuk dalam orang dengan kepribadian perfectionist atau malah keluarga atau temanmu. Yuk daripada nebak- nebak, kenali dirimu dari ciri-ciri kepribadian perfectionist berikut:

  • Mengejar keunggulan, kepribadian perfeksionis memang selalu ingin ada diatas dan unggul dalam segala hal. Menjadi pemenang merupakan sasaran utama.
  • Selalu merasa kurang dan ragu-ragu atas kinerja sendiri, bukan merasa tidak mampu tapi lebih kepada merasakan hal-hal yang gak wajar guys, memiliki rasa takut kalau ada orang yang lebih baik mengerjakan sesuatu daripada dia.
  • Menilai segala aspek dengan standar tertinggi, dalam hal sesepele apapun seorang perfeksionis selalu membangun citra dan standar menurut perspektifnya sendiri guys. Gak peduli tentang kapasitas orang lain. Standar yang ia ciptakan tersebut sangat wajib untuk di realisasi.
  • Mudah panik, seorang dengan kepribadian perfeksionis selalu was- was dan pembawaannya kurang tenang, takut tersaingi dan kalah start. Segala hal harus mendahului dan sangat cemas jika tertinggal.
  • Tidak mau kalah dan gagal, kegagalan dan kekalahan tidak ada pada kamus seseorang dengan kepribadian perfeksionis. Semua harus terukur dan selesai pada waktu dan target yang tepat.
  • Selalu berlebihan dan sangat sensitif, yups sangat jelas jika kamu merasa semua direspon berlebihan dan sangat peka terhadap perubahan yang terjadi berarti kamu termasuk dalam orang yang memiliki kepribadian perfeksionis.
  • Sering tidak nyaman dengan keadaan lingkungan, karena ketidaksesuaian pemikiran dan prinsip menyebabkan menjadi susah bergaul dan kurang cocok dengan lingkungan general yang menekankan kesetaraan dan kebersamaan. Lebih dari itu mereka biasanya,
  • Menuntut segala hal secara terstruktur
  • Penuh aturan dan detail
  • Selalu punya target yang harus terpenuhi
  • Mudah stress dan sering menyalahkan diri sendiri
  • Terlalu kaku Selalu merasa dirinya baik-baik saja dan tidak membutuhkan orang lain
  • Tidak percaya pada kemampuan orang lain Memilki espektasi yang tinggi

Gangguan Kepribadian Perfeksionis

Jawaban dari pertanyaaaan diatas yaitu kepribadian perfeksionis belum tentu gangguan. Disebut gangguan apabila individu yang Perfeksionis itu bersifat negatif dan ekstrim. Jadi kepribadian perfeksionis negative itu jika hal yang dilakukan tidak sempurna dan sesuai akan berakibat pada penyakit mental maupun psikis.

Sedangkan perfeksionis positif jika mengalami kegagalan akan menerima dan tidak berputus asa sehingga terus mencoba kesempatan yang lain. Sangat berbeda dengan mereka yang perfeksionis negative yang santa menekan dirinya terhadap tuntutan yang ekstreim sehingga Berkembang jadi gejala Obsesif Compulsive Disorder.

Efeknya peningkatkan stress dan rasa bersalah terhadap kegagalan dan kekalahan. Cenderung Tidak menerima kenyataan yang disertai tindakan fatal untuk mengakhiri hidup karena merasa tidak berguna.

Menurut dr. Robert S. Eliot, "perfeksionisme adalah harapan yang tidak pernah menjadi kenyataan". Ia menambahkan, "Perfeksionisme merupakan gabungan dari perasaan bersalah, takut kalah, dan takut dicemooh."

Nah jika kamu, keluarga atau temanmu sudah menunjukkan gejala- gejala kepribadian perfectionist yang sangat parah dan diluar batas alangkah baiknya cepat menyadari dan meminta Bantuan psikolog untuk mengurangi gangguan kepribadian perfeksionis, karena kepribadian perfeksionis tidak bisa dihilangkan begitu saja. Di sisi lain biasakan diri untuk membuka wawasan dan Lihat gambaran besar melalui kaca mata orang lain bukan hanya lewat pandangan mu saja.

3 Zodiak Perfeksionis dan Paling Ambisius

Sebenarnya hampir setiap orang memiliki kecendrungan kepribadian perfectionis namun memang kadarnya berbeda- beda dari yang ringan sampai fatal. Nah berikut ini siapakamu.com sajikan beberapa perfeksionis, apakah zodiakmu termasuk? Check it out guys.

  • Virgo: Merasa berbakat dan menyukai sesuatu yang bersih rapi, zodiak virgo memilihan personality yang sangat menarik, semua yang dilakukan oleh si virgo dapat memberi pengaruh yang besar untuk sekitarnya, oleh karena itu virgo termasuk zodiak perfeksionis untuk mempertahankan image tersebut.
  • Scorpio : Kerja keras dalam mencapai segalanya, tidak segan menyingkirkan orang yang menghambat, terkenal keras kepala dan ingin berkuasa, selalu ingin dominan dan menjadi pusat perhatian, senang akan pengakuan dan penghargaan. Kepribadian perfectionist sangat melekat pada scorpio.
  • Leo: tidak mau mengalah, tidak suka dikendalikan, tidak pernah setengah-setengah, punya harapan dan rencana yang sempurna, selalu percaya akan kesuksesan. Untuk mencapai semua itu leo sangan ambisius dan melakukan hal secara maksimal agar segalanya tercapai.

Semoga bermanfaat, like, coment, share.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url