Siapa Kamu ? Dilihat Dari Kepribadianmu

Siapa Kamu Kepribadianmu

Pada kesempatan kali ini kita akan bercermin sejenak untuk mengenal diri sendiri. Sebelumnya pernahkah kamu berpikir tentang kepribadianmu sendiri ? sebenarnya kamu orang yang seperti apa ?. kita akan kaji bersama guys dan disini kamu bakal paham sebenarnya dimana letak kepribadianmu. Setiap orang pasti diciptkan berbeda beda dari sifat, sikap, perilaku, karakter, dan kepribadian.

Kepribadian membentuk dirimu secara fisik dan psikis, tapi kepribadian itu sebenarnya dinamis loh guys alias berubah-ubah. Banyak faktor yang menyebabkan kepribadianmu bisa berubah-ubah, mungkin karena umur, lingkungan, pengalaman manis atau pahit hiks... semisal dulunya tetew adalah orang yang kepribadiaanya sangat pemalu, untuk bertemu dengan orang lain saja itu anti banget sampai rela lewat jalan memutar untuk menghindari keramaian.  Setelah si tetew ini terbiasa hidup dalam organisasi an berinteraksi dengan lingkungan yang ramai. Kepribadiaanya menjadi terbuka dan fleksibel denganorang lain. kepribadian memang dapat berubah dari dalam diri sendiri atau dari luar diri.

Cek Tipe Kepribadianmu dan Kenali Dirimu Disini!

Memang kepribadian itu seringkali berubah namun dalam jangka waktu yang lama kepribadian melekat dan menjadi identitas diri. Nah guys, supaya kalian tidak penasaran lagi dan ingin segera mengetahui sebenarnya tentang tipe kepribadian klian.. check it guys jangan geser,

Pada dasarnya tipe kepribadian manusia itu banyak banget gaes... banyak macam dan jenisnya sesuai, untuk tulisan ini sebatas kita tahu tipe kepribadian yang diungkapkan oleh Tokoh Bule alias tokoh barat yaitu Hippocrates dan Gelenus , tipe kepribadian ini umurnya tua banget guys dan pastinya lebih tua dari kalian yaitu pada tahun 460-370 sebelum masehi seperti yang dikutip dari DosenPsikologi.com, sebelumnya Hippocrates itu mengungkapkan tentang 4 kepribadian manusia yaitu Sifat kering , Sifat basah, Sifat dingin, dan Sifat panas. Maksutnya Hippocrates disini bukan cuaca ya Guys tapi Hippocrates itu menganngap empat unsur itu melekat dalam diri manusia dan dapat membentuk kepribadian. Tapi teori Hippo ini dikembangkan lagi Guys oleh si Galenus, dan intinya ada disini guys... syabar hehe...

1. Koleris

Orang yang memiliki kepribadian koleris cenderung mempunyai jiwa kepemimpinan yang tinggi, ciee yang cocok jadi bos hehe.. Ini dikarenakan kepribadian ini mudah menentukan sebuah keputusan dan akrab dengan pertimbangan. Kepribadian  koleris mempunyai tujuan yang fokus untuk ke depannya juga selalu produktif dan dinamis, orang dengan kepribadian ini cenderung berfikir secara luas dan bijaksana.

Koleris juga merupakan pribadi yang suka akan kebebasan dan akan selalu bekerja keras selama hidupnya. Namun, sisi negatifnya, tipe kepribadian ini cenderung memerintah karena sifat kepemimpinannya, tidak mudah untuk mengalah, sangat suka dengan pertentangan, mudah tersulut emosi, tergesa – gesa, dan cenderung keras kepala karena kemauannya yang keras. Di sisi lain tipe koleris merupakan pribadi yang bersemangat, optimis, mandiri, visioner, memiliki kemauan keras, tegas, memiliki jiwa kepemimpinan, dominan, cenderung ceroboh, dan dingin. Coba cek guys apakah kamu termasuk dalam orang yang memiliki kepribadian koleris.

2. Melankolis

Bagi kamu yang memiliki kepribadian melankolis cenderung analitis alias pengamat, suka memerhatikan orang lain, perfeksionis, hemat, tidak suka menjadi perhatian, serius, artistik, sensitif serta rela berkorban. Namun, tipe ini cenderung fokus pada cara atau proses ketimbang tujuan.Tipe melankolis pun kurang bisa menyuarakan opininya, cenderung melihat masalah dari sisi negatif, dan sering disebut anti sosial karena kemampuan bersosialisasi yang kurang baik. Dibalik itu semua, Banyak orang yang melankolis cenderung sukses menjadi seorang pengusaha yang hebat dan sukses.

3. Plegmatis

Tipe plegmatis merupakan pribadi yang selalu cinta damai dengan menjadi netral dalam segala kondisi konflik tanpa memihak kubu. Dalam kehidupan sosialnya, pribadi plegmatis cenderung senang berperan sebagai pendengar yang baik daripada berperan sebagai pelaku cerita. Memiliki selera humor yang bagus walau terkadang terdengar sarkatik (sifat humor yang menyinggung atau mengejek), Suka keteraturan, mudah bergaul, cenderung suka mencari jalan pintas. Ini adalah kepribadian yang melekat pada si plegmatis.

Negatifnya, orang dengan tipe koleris tidak suka dipaksa, cenderung menunda sesuatu hal dan tidak cepat tertarik terhadap hal-hal baru.  Disamping itu, si plegmatis cenderung Objektif, emosinya stabil, sistematis, efisien, dapat diandalkan, tenang, kurang memiliki motivasi, egois, tidak tegas, penakut, suka khawatir, tidak mudah dipengaruhi, setia. Yang merasa kalau kamu setia mungkin kamu termasuk dalam kepribadian plegmatis yang jadi idaman pasangan.

4. Sanguinis

Tipe ini cenderung memiliki sifat sedikit seperti anak-anak. Individu dengan tipe Sanguinis kebanyakan tidak menemukan masalah dalam kehidupan sosialnya. Hal ini di karenakan sanguin sejatinya mudah bergaul dan akrab walau dengan orang yang baru dikenal. Bagi kamu dengan kepribadian Sanguin sangat suka bicara, dan mudah untuk mengikuti sebuah kelompok.

Di balik sisi positifnya, individu ini cenderung agak sulit untuk fokus pada suatu hal, egois, pelupa, suka terlambat, dan  sering membesar – besarkan hal yang kecil. Sanguinis banyak dinilai sebagai pribadi yang ramah, responsive, hangat, antusias, dapat mencairkan suasana, suka bicara, kurang disiplin, pelupa.

Dari 4 Tipe kepribadian diatas, kamu boleh pilih guys yang sesuai dengan dirimu. Mengenali kepribadian diri sendiri akan membantumu dalam menjalani kehidupanmu dan dapat menentukan passion diri yang cocok buatmu guys. Perlu kalian tahu banyak tokoh yang berpendapat tentang tipe kepribadian dalam Psikologi, mungkin kalian pernah dengar tentang Introvet, Ekstrovet, dan Ambivert. Itu juga tipe kepribadian guys tapi yang dicetuskan oleh tokoh lain yang mungkin akan kita bahas di tulisan lain guys, ditunggu ya. Tapi yang penting adalah bukan tentang apa tipe kepribadianmu tapi bagaimana cara kamu menjadi diri sendiri untuk mencapai segala keinginan.

Next Post Previous Post
4 Comments
  • Anomali ruang
    Anomali ruang 15/11/18

    Sepertinya saya termasuk pribadi yg melankolis nih gan heee.. blog yg bagus. Lanjutkan.!

    • siapakamu
      siapakamu 14/3/19

      Terima kasih

  • Virm Aditya
    Virm Aditya 14/3/19

    Nice kk .. Jgn lupa jika bersedia kunbal Seo Techman

    • siapakamu
      siapakamu 14/3/19

      Terima kasih, bersedia untuk berkunjung kembali kak

Add Comment
comment url