Masih Bingung Bedanya Netbook, Notebook, Laptop ?

Bedanya Netbook, Notebook

Artikel ini lahir karena penulis juga mengalami kebingungan yang hakiki saat sedang ngobrol sama seorang teman dan dia gak paham dengan istilah notebook. Yaps, di era ini orang orang hidup dengan semua hal yang bersifat praktis guys, mau pesen makan lewat aplikasi, beli baju pakai online, bahkan semua bisa dilakukan dengan satu genggaman.

Gak bisa dipungkiri bahwa teknologi kini mempermudah sekaligus mempersempit ruang gerak. Jelas dong mempersempit, sejak semua bisa dilakukan tanpa harus bangun dan tetap di tempat jadi otomatis kita jarang berinteraksi, jarang bersosialisasi, dan lain lain.

Lanjut ke teknologi guys, kamu tau gak dulu orang ngetik pake apa ? Yap pake mesin ketik, haha yang bunyinya itu bagaikan hujan meteor yang nabrak atap saking ributnya. Kalau salah nggak bisa dihapus dan harus mulai dari awal lagi, bayangin guys bagi kamu yang suka typo. Dan pas lagi ngantuk ngantuknya ngerjain tugas ? Terus gak sadar kepalamu jatuh ke mesin ketik, itu baru yang namanya kesabaran yang hakiki haha. Nah setelah mesin ketik dianggap sudah old muncullah komputer dengan perangkatnya dengan proses perkembangannya dari komputer pentium 1 sampai pentium 4.

Mengenal Netbook, Notebook, dan Laptop

Seiring waktu, komputer berevolusi menjadi sebuah benda praktis yang memungkinkan dapat digunakan kapan saja dan dimana saja. Yaps, sejak itu muncul komputer yang fleksibel dan portable bisa dilipat dan dipakai sesuai kebutuhan kita guys. Ada istilah netbook, notebook dan laptop, Memang sebelum itu ada perangkat lain guys yang muncul sebelum ketiga ini muncul tapi kita lebih fokus kesini dulu yaa. Okay, kehadiran ketiga istilah ini yang dalam bahasa Indonesia dikenal dengan "komputer jinjing" mendapat perhatian khusus dan seperti primadona semua orang ingin memilikinya.

Saking besarnya kebutuhan, semua perusahaan berlomba mengeluarkan produksinya dan menciptakan berbagai jenis dan model untuk menarik minat konsumen. Dari komputer jinjing dengan spesifikasi kecil sampai besar. Baik laptop notebook dan netbook itu merupakan komputer portable yang memiliki perbedaan masing-masing. Tidak sedikit dari beberapa orang yang mengemukakan bahwa antara Laptop, notebook serta netbook itu hal yang sama, dan tentu itu suatu kekeliruan yang dimana salah mengerti tentang hal tersebut secara jelas. Memang sekilas tentang netbook, notebook dan laptop itu hampir sama baik bentuknya dan model yang terdapat dari ketiga hal tersebut, ini merupakan faktor yang membuat masyarakat secara luas memanggil ketiga komputer portable tersebut dengan nama laptop, bukan cuma itu ini saja untuk pemanggilan nama Netbook dan Notebook dengan sebutan laptop oleh sebagian orang sebab lebih mudah diucapkan oleh masyarakat luas dari pada memanggil dengan nama notebook ataupun netbook, sebenarnya jenis komputer portable secara benar diucapkan dengan komputer jinjing dalam bahasa indonesia.

Makin majunya suatu teknologi dan tuntutan tentang perkerjaan yang berkaitan dengan teknologi semakin besar. Gak usah lama lama, ini dia biar gak pada bingung lagi sebutan antara netbook, notebook, dan laptop.. Check it out guys,

1. Perbedaan Dari Nama

Nama dari ketiga komputer portable tersebut di ambil dari bahasa inggris, sebenarnya nama dari netbook diambil dari kata internet dan book dan jadilah dengan nama netbook, Netbook adalah sebutan untuk Laptop mini yang di komersialisasikan oleh Intel. Adapula sebutan notebook singkatan dari note dan book dan sebenarnya dalam bahasa indonesia bisa diartikan buku catatan. Laptop sendiri berarti komputer jinjing, Kata Laptop sendiri berasal dari kata “Lap” dalam bahasa inggris yakni pangkuan. Yang dimaksud pangkuan disini adalah laptop bisa dipakai di pangkuan sekitar paha saat sedang duduk dan top yang berarti menandakan posisi laptop ini berada di pangkuan dan menghadap ke atas maksudnya ke pengguna.

2. Perbedaan Dari Ukuran Layar

Membedakan notebook, netbook dan laptop ialah terdapat pada ukuran dari ketiga jenis komputer jinjing tersebut. Bahwa kita ketahui ketiga perangkat tersebut memiliki ukuran layar yang berbeda, Misalnya Netbook yang memiliki ukuran layar kisaran 6 hingga 13 inchi, selanjutnya yang lebih besar yaitu Notebook yang memiliki ukuran layar 13 hingga 18 inchi, dan ada pula yang lebih besar dan orang biasanya suka komputer jinjing yang satu ini yaitu laptop yang memiliki layar yang tebal dan ukuranya lebih besar dari notebook ataupun netbook, Ukuran layar dari laptop sendiri tergolong lebar yaitu lebih dari 18 inchi serta lebih berat juga, untuk laptop sendiri sudah aja sekitar tahun 1979 dan merupakan gagasan utama komputer portable. Sesuai dengan ukuran, laptop biasanya lebih berat dan besar karena keunggulan yang dimiliki laptop.

3. Perbedaan dari Spesifikasi dan Komponen

Perbedaan yang dapat kita lihat lagi ialah perbedaan dari segi spesifikasi dan komponen yang ada pada laptop, netbook dan notebook secara detail. Netbook memiliki spesifikasi paling kecil yaitu memiliki processor yang tidak terlalu tinggi atau processor dengan kelas menengah ke bawah, untuk RAM dari Netbook sendiri tidak lebih dari 2 Gigabyte dan memiliki grafis yang kurang bagus, dan untuk sistem operasi atau OS yang biasanya menggunakan Windows XP dan Linux saja mengingat hanya memiliki spesifikasi yang kurang tinggi jadi hanya bisa memakai sistem operasi yang ringan saja agar bisa berjalan dengan normal. Perangkat yang terdapat pada netbook antara lain Bluetooth, Wireless Fidelity, LAN, USB dan Card Rider. Selain itu kekurangan dari netbook yaitu tidak memiliki DVD-ROM Internal sehingga tidak dapat memasukan CD/DVD, bisa pun harus menggunakan perangkat tambahan Sedangkan notebook sendiri memiliki RAM yang cenderung lebih bedar dari notebook, grafis dan sistem operasi nya pun sudah lebih baik dibandingkan netbook tergantung perusahaan pembuatannya. Spesifikasi cenderung menengah keatas, dengan ukuran yang lebih kecil notebook lebih mampu beroperasi secara efektif. Notebook ada yang memiliki ruang DVD ROM tapi ada juga yang tidak. Tanpa dijelaskan, kelebihan dan spesifikasi laptop sudah pasti diatas netbook dan notebook karena laptop cenderung kebih besar dan biasanya berkapasitas tinggi.

4. Perbedaan dari Fungsi dan Kelebihan

Netbook sendiri merupakan gabungan dari gabungan dari kata Internet dan Book, tentu saja netbook memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan untuk mengakses internet, browsing dan mengirim atau menulis email. Bisa dikatakan netbook itu sangat bergantung kepada internet, jika tanpa kehadiran internet maka netbook tidak bisa melakukan gaming ataupun menonton film dengan kualitas HD.
Berbeda dengan Notebook yang memiliki fungsi lebih dari pada netbook, Netbook sendiri memiliki kegunaan untuk menjalankan office, internet, gaming mode normal, multimedia, dan sebagainya. Notebook tidak terlalu begantung kepada internet sebab notebook masih bisa melakukan banyak hal tanpa internet. Laptop memang menjadi yang teratas ketimbang netbook dan notebook, selain itu fungsi laptop sebenarnya hampir sama dengan notebook. Fungsi dari laptop yaitu untuk office, internet atau browsing, game mode normal hingga mode tinggi tergantung Spesifikasi, Multimedia dan lainnya.

Itulah perbedaan yang siapakamu.com dapat rangkum, intinya antara netbook, notebook, dan laptop itu sama sama komputer jinjing tang bisa dipakai dimanapun dan kapanpun guys. Namun pada dasarnya masing masing memiliki kapasitas dari segi komposisi, fungsi dan ukurannya. Dan ketiganya memiliki kelurangan kelebihan, kamu boleh tentukan lebih suka dan praktis yang mana. Jadi sekarang sudah bisa kan membedakan netbook, notebook dan laptop, jangan lupa like, comment, dan share guys.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url