Kebiasaan Buruk ini Dapat Mempercepat Penyusutan Otak

Kebiasaan Buruk ini Dapat Mempercepat Penyusutan Otak

Penuaan pasti dialami oleh siapa saja, dengan bertambahnya umur maka kinerja organ akan semakin berkurang bahkan mengalami kerusakan bagian, saraf secara berkala. Kerusakan kerusakan organ tersebut bisa saja akan lebih lambat jika pola hidup sehat dilakukan. Namun sebaliknya, akan semakin cepat dengan pola hidup yang sembarangan.

Bahaya!! Inilah kebiasaan buruk yang bikin otakmu menyusut dan mengalami kerusakan lebih cepat

Terkadang kebanyakan orang menyepelekan kesehatan. Padahal kesehatan itu sangatlah mahal dan seringkali tidak bisa dibeli dengan uang. Terutama pada kalangan anak muda yang cenderung lebih suka yang konsumtif dan praktis. Semua itu akan memicu otakmu menyusut lebih cepat tanpa penuaan dan mengalami gangguan dan kerusakan lho. Hal-hal sepele yang sering diabaikan seperti misalnya tidak sarapan, sering lembur, dan lain lain rupanya sangat berpengaruh terhadap fungsi otak. Begitu juga dengan kebiasaan-kebiasaan buruk lainnya. Untuk simak hal hal buruk yang menjadi kebiasaan dan mempercepat penyusutan dan kerusakan pada otak seperti dikutip dari Healthmad, cekidot...

1. TIDAK SARAPAN

Tahukah kamu bahwa sarapan pagi itu sangat penting sebelum beraktivitas jarena dapat menjaga kadar gula sarah yang dibutuhkan tubuh terutama otak agar dapat bekerja dengan baik. Jika tidak sarapan maka kadar gula yang dibutuhkan menjadi tidak terpenuhi. Lama kelamaan otqk menjadi kuramg nutrisi karena dipaksa terus berfungsi tanpa asupan yang cukup dan mengakibatkan otakmu menyusut.

2. GALAK

Emosi yang meledak-ledak karena terlalu mudah bereaksi bisa membuat pembuluh darah mengalami pengerasan. Jika pengerasan itu terjadi di pembuluh darah otak, maka kemampuannya akan menurun dan lama-kelamaan ukuran otak juga mengecil.

3. MEROKOK

Beberapa jenis penyakit degeneratif atau penyakit yang disebabkan oleh proses penuaan bisa dipercepat oleh racun-racun di dalam asap rokok. Alzheimer atau salah satu jenis kepikunan merupakan satu di antaranya.

4. TERLALU BANYAK GULA

Otak bisa menyusut karena kekurangan gula saat tidak sarapan. Sebaliknya, terlalu banyak gula di dalam darah juga mempengaruhi penyerapan protein sehingga pertumbuhan otak terhambat.

5. POLUSI UDARA

Untuk bisa bekerja dengan optimal, otak butuh suplai oksigen yang cukup dari udara pernapasan. Polusi udara terutama gas karbon monoksida bisa membajak fungsi sel-sel darah merah dalam mendistribusikan oksigen, sehingga fungsi otak mengalami gangguan.

6. KURANG TIDUR

Kurang tidur dan sering lembur adalah kebiasaan yang sering disepelekan banyak orang. Apalagi dengan konsumsi kafein yang berlebih akan menyebabkan otakmu mengalami kerusakan lebih cepat karena harusnya otak istirahat tapi dipaksa untuk terus bekerja dalam porsi yang berlenih. Otak juga butuh istirahat, karena itu kualitas tidur benar-benar sangat mempengaruhi fungsi otak. Kurang tidur bisa membuat sel-sel otak lebih cepat mengalami kerusakan.

7. TIDUR DENGAN KEPALA DITUTUP BANTAL

Menutupi kepala dengan bantal saat tidur berarti menghalangi pertukaran udara, sehingga gas buang karbon dioksida terhirup kembali ke paru-paru. Ruangan untuk menampung oksigen akhirnya berkurang, sehingga tidak bisa didistribusikan dengan maksimal ke otak.

8. BERPIKIR KERAS SAAT SEDANG TIDAK SEHAT

Memaksakan diri dan memforsirnya adalah kebiasaan buruk pekerja keras karena mengejar deadline. Kesehatan menjadi nomor sekian dalam urutan kehidupannya. Bahkan saat sakit ada beberapa orang yang masih tidak peduli dengan kondisinya dan terus berfikir dan bekerja. Selain saat tidur, otak juga perlu diistirahatkan saat tubuh sedang sakit. Memaksakan diri untuk berpikir keras saat sakit akan membuat otak bekerja makin tidak efisien dan akhirnya cepat rusak.

9. JARANG BICARA

Percakapan yang cerdas dan berbobot sangat membantu perkembangan otak. Jika jarang digunakan untuk berdiskusi dan saling bertukar pikiran, maka otak akan tumpul dan sel-sel di dalamnya tidak berkembang.

10. KURANG DIRANGSANG

Seperti kata pepatah, otak ibarat pisau yang harus diasah terus menerus agar tidak tumpul. Menghafal kan sesuatu yg bermanfaat, Membaca buku, belajar dan mempelajari hal baru, Mengajar, Aktif di Yayasan atau perkumpulan dll merupakan beberapa contoh rangsangan untuk menjaga otak tetap tajam, sehingga lebih awet sampai lanjut usia.

Jadi marilah jaga kesehatan kita guys, karena masa depan masih panjang. Hindari kebiasaan buruk yang dapat menyiksa tubuh dan otakmu sendiri. Banyak penyakit seperti kanker, pecahnya pembuluh darah, pikun, alzheimer, dan penyakit lainnya. Karena seperti yang kita sumber tubuh kita itu berada di otak. Jadi bayangkan jika otak kita rusak dan menyusut maka sistem yang lainnya juga akan mengalami hal yang sama.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url