Kurus Karena Ektomorf atau Cacingan

Kurus Karena Ektomorf atau Cacingan

Sekarang banyak sekali makanan atau minuman yang beredar dan viral. Thai Tea sampai Ayam Geprek belok ke Es Kepal Milo, pada kesempatan yang biasa saja ini, kita akan bahas tentang orang yang makan bukan makanannya guys. Pasti kita sering melihat orang yang banyak makan ujungnya gemuk dan orang yang banyak makan ujungnya tetap kurus. Itu anugerah atau kutukan, adalah kata kata yang terlontar bagi sebagian orang yang badannya ideal.

Orang yang doyan makan dan gemuk akan merasa iri dengan orang lain yang doyan makan tapi tetap kurus tanpa diet atau usaha berlebih lainnya. Terkadang untuk menghibur diri dengan kejamnya orang kurus itu difitnah cacingan hehe.. Yups orang yang gak bisa gemuk walau makan terus disebut ektomorf. Beda lagi ya sama cacingan, cacingan merupakan kondisi dimana dalam usus orang tersebut terdapat parasit cacing yang biasanya menghabiskan nutrisi dan asupan penting dari makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Perbedaan Ektomorf dan Cacingan, Kamu yang Mana ?

Ektomorf merupakan suatu bentuk tubuh manusia yang ber­cirikan tulang panjang dan kurus, otot kecil, dan le­mak tipis di bawah kulit, sehingga orang tersebut  berpenampilan tinggi dan kurus. Bentuk tubuh manusia sebenarnya sudah ditentukan sejak lahir melalui fak­tor keturunan. Sifat bawaan ini akan menentukan ukuran tubuh seperti berat badan, tinggi badan, dan ukuran bagian tubuh lainnya. Menurut Sheldon bentuk tubuh manusia dapat di­bagi menjadi tiga macam, yaitu ektomorf, endomorf, dan mesomorf. Endomorf yaitu bentuk tu­buh yang gemuk dengan kandungan lemak bawah ku­lit yang tebal. Orang dengan bentuk ba­dan demikian biasanya memiliki saluran pencernaan yang efektif, sehingga kalau makan terlalu banyak ia akan cepat menjadi gemuk. Mesomorf adalah bentuk tubuh yang atletis dengan otot dan tulang yang kuat, serta lemak bawah kulit yang tidak terlalu tebal.

Sebenarnya orang ektomorf juga punya keinginan untuk gemuk tapi karena ada beberapa faktor yang menyebabkan tubuhnya memiliki batas untuk menimbun lemak jadi tetap kurus kurus saja. Selain itu faktor genetik atau keturunan dimana orangtua atau keluarganya memang memiliki tubuh yang cenderung kurus dan otot yang kecil. Di sisi lain dibalik itu semua kita tidak bisa memastikan apa pola makan seorang yang kurus itu benar benar sesuai dan teratur. Bisa saja hanya makan sekali sehari atau bahkan hanya jajanan ringan yang dikonsumsi sehingga memang lemak, nutrisi dan karbohidrat yang dibutuhkan tidak terpenuhi. Ditambah faktor eks lainnya seperti stres, stres itu akibatnya besar bagi perkembangan tubuh kita. Orang stres lambat laun tubuhnya akan menyusut karena banyak energi yang dikeluarkan untuk berfikir dan merasakan stresnya tersebut.

Setidaknya bagi kamu yang gendut dan tidak bisa kurus walau diet harus tetap bersyukur. Kebanyakan orang melihat orang gemuk sebagai kesejahteraan hidup lho dan bagian dari menikmati hidup. Dan orang ektomorf atau yang kurus tiada ujung jangan terlalu senang karena terkadang baju yang kamu pilih terasa kebesaran kan hehe. Karena ada kata cacingan di judul, kita harus membahasnya juga agar semua nampak jelas. Yaps cacingan itu penyakit, penyakit yang gak terlalu berbahaya tapi akan berimbas pada kesehatan lambat laun. Cacingan tidak hanya terjadi pada anak anak tapi juga orang dewasa.

Penyakit Cacingan pada manusia sering dimanifestasikan oleh parasit cacing yang hidup di usus besar dan usus halus. Cacing-caing ini bisa bertahan hidup karena mendapat nutrisi dari menyerap darah di dinding usus dan sari makanan yang kita makan, ngeri banget kan. Cacing yang menyerang manusia setidaknya ada empat macam (yang populer) antara lain: cacing kremi, cacing gelang, cacing pita, dan cacing tambang. Secara umum menurur dr. Ahmad Munshilin dari mediskus.com berikut gejala atau ciri-ciri cacingan yaitu badan kurus, tidak nafsu makan, lemas, sering mual muntah, sering nyeri perut, sering diare atau tinja berdarah, Batuk kering, terlihat pucat, mudah mengantuk, dan susah fokus dalam hal apapun.

Untuk mengatasi infeksi cacingan, dokter kemungkinan akan memberikanobat cacingtidak hanya untuk penderita, namun juga pada seluruh anggota keluarga untuk mencegah infeksi berulang. Sebagian orang merasakan efek samping ringan pada saluran pencernaan selama pengobatan. Tips mencegah infeksi cacingan salah satu cara efektif yaitu dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Walaupun tergolong bukan penyakit kronis penyakit cacingan sebaiknya tidak dianggap remeh. Jika kamu atau anggota keluarga mengalami gejala-gejala penyakit cacingan, konsultasi dengan dokter mengenai cara penanganan yang tepat.

Itulah perbedaanya orang ektomorf dan orang yang cacingan. Beda jauh kan dan jangan disamakan karena sama sama kurus. Dan yang gemuk maupun yang kurus harus sama sama bersyukur karena masih sehat dan masih dapat menikmati makanan enak. Yang pasti tetap jaga kesehatan mu dan jadilah dirimu sendiri guys.

Next Post Previous Post
2 Comments
  • Nover
    Nover 25/10/18

    Thanks, nice article

  • Desy Trisnawati
    Desy Trisnawati 29/4/19

    terimakasih atas informasinya gan ... ditunggu artikel selanjutnya ...

    Obat Herbal Wasir
    Obat Penyakit Wasir

Add Comment
comment url