7 Kemanisan hanya di Bulan Ramadhan

7 Kemanisan hanya di Bulan Ramadhan

Bertepatan dengan Bulan Ramadhan ini, kami ucapkan selamat menjalankan ibadah puasa bagi umat Muslim seluruh dunia. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang suci bagi umat Islam karena selama sebulan penuh harus berpuasa. Tidak hanya menahan lapar dan haus tapi hawa nafsu dan amarah dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari.

Semarak merayakan Bulan Ramadhan tidak dirasakan tidak hanya oleh umat Muslim namun non Muslim juga ikut serta. Karena hakikatnya kita hidup berdampingan tidak hanya dengan sesama umat namun antar umat beragama yang harus saling menghargai satu sama lain. Bisa kita lihat di jalan atau di luar rumah saat Bulan Ramadhan hampir semua warung makan tutup, yang umat lain tidak makan sembarangan, dan sebagainya.

Beberapa kemanisan yang bisa dipetik di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan memang sangat istimewa dan memberi kesejukan tersendiri. Ada hal hal yang bisa kamu temukan hanya di Bulan Ramadhan dan tidak bisa kamu temukan di 11 bulan lainnya. Hal hal itu berupa kemanisan kemanisan yang dapat kamu rasakan tapi bukan manisnya gula lho hehe... Ini lebih manis lagi dari sekedar gula dan si dia ... Berikut merupakan kemanisan yang dapat kamu rasakan di Bulan Ramadhan...

1. Kemanisan Rezeqi

Saat Bulan Ramadhan kamu akan melihat berbagai macam lapak di pinggir jalan, di depan rumah, di dekat masjid, dan masih banyak lagi. Tidak hanya lapak takjil tapi juga lapak petasan, baju, obralan, dan lain lain. Siapa sangka penjual penjual tersebut ramai pembeli karena orang orang sekalian jalan- jalan menunggu berbuka atau sekedar belanja untuk stok ke depannya. Berkah rezeqi ini berbeda lho dengan bulan lainnya karena saat Bulan Ramadhan semua kebaikan, rezeqi, dan lain lain akan dilipat gandakan. Banyak juga orang yang mencari peruntungan dengan berjualan kue lebaran dan baju lebaran yang dipastikan dapat untung yang besar. Tidak hanya yang berdagang, tapi juga pegawai, karyawan yang berusaha dengan ikhlas dan berbuat baik di saat bulan ramadhan.

2. Kemanisan Amal/Ibadah

Kalau biasanya saat kita berbuat baik, beramal, dan beribadah hanya dinilai 1 pahala maka saat bulan ramadhan semua itu akan dilipat gandakan tiada tara lho. Berlapis lapis pahala yang kamu dapatkan hanya dari 1 hal baik yang kamu perbuat, luar biasa bukan ?. Bahkan dati salah satu hadits Bukhori Muslim mengatakan bahwa amal ibadah puasa di bulan ramadhan itu Allah yang akan membalasnya sendiri. Jadi bulan ramadhan bisa dibilang momen emas berlian untuk menimbun pundi pundi pahala. Kemanisan yang tidak bisa digantikan dengan apapun kan ?. Bayangkan saja jika kita membeli sesuatu eh.. Ada promo beli 1 gratis 1 aja udah senengnya kebangetan, apalagi berbuat baik sekali dapet pahala berkali lipat.

3. Kemanisan Berbagi

Ketika bulan ramadhan umat Islam diharuskan berpuasa sebulan penuh kecuali yang haid, sakit, musafir dan kelonggaran lainnya. Tapi itu tidak bebas begitu saja, harus diganti di hari lain jadi sebutannya biasanya "hutang puasa". Hayo pasti dari kalian ada yang masih punya utang kaya yang nulis hehe.. Cepat dibayar ya... Oke kembali ke topik kenapa ada kemanisan berbagi di ramadhan ini.. Karena di tiap cela lapar dan haus kita, kita ikut berbagi rasa dengan orang yang tidak beruntung diluar sana. Ada orang yang mungkin tidak bisa makan sehari 3 kali, tapi sekali 3 hari, tapi kita tetap membuang makanan tanpa ada perasaan bersalah. Di bulan ramadhan ini juga kita dianjurkan untuk saling memberi makanan, bersedekah, dan bersyukur dengan kondisi apa adanya. Bagi orang yang memahami hakikat berbagi pasti akan merasakan kemanisan dan kebahagiaan karena bisa membuat orang lain ikut tersenyum.

4. Kemanisan Makanan

Di hari, bulan, dan waktu biasanya mungkin kita mengkonsumsi banyak makanan. Tapi perbedaan terjadi saat bulan ramadhan, kenapa ? Karena ada jenis makanan yang hanya musiman di bulan ramadhan dan jarang di lihat selain di bulan ramadhan.seperti kolak, kurma, kolang kaling, timun suri, dan lain lain. Ditambah lagi saat bulan ramadhan semua makanan yang kamu nampak nikmat dan menggiurkan karena bulan ramadhan itu godaannya kuat walaupun ada yang bilang kalau semua setan mudik saat bulan ini hehe.. Tapi semua itu akan sirna ketika waktu berbuka tiba maka kenikmatan makanan dan minuman itu akan kamu rasakan dengan level yang berbeda alias lebih enak dan spesial dibanding bulan lainnya.

5. Kemanisan Suasana Sahur Berbuka

Nah ini nih yang cuma ada di bulan ramadhan yaitu manisnya momen sahur dan berbuka puasa. Karena hanya di saat ramadhan ada banyak orang dan anak anak yang berkeliling kampung atau pawai di jalan dengan membawa peralatan seadanya sepeeti galon, botol, ember, kentongan, bambu untuk membangunkan sahurmu. Kehangatan yang hanya dapat dirasakan di bulan mulia ini. Apalagi biasanya yang tinggal berjauham dengan keluarga dan sanak saudara akan berkumpul di momen puasa untuk sslin meminta maaf dan sahur berbuka bersama. Kemanisan yang hanya setahun terjadi, berkumpul bersama, berbagi cerita, terawih bersama dan keistimewaan momen yang menambah manis bulan ramadhan mu...

6. Kemanisan Ngabuburit

Kata ngabuburit sebenarnya kata gaul dimana istilah ini hanya muncul sebulan saja yaitu di bulan ramadhan. Ngabuburit itu intinya menanti berbuka puasa dengan mengisi waktu dan aktivitas di sore hari karena ngabuburit itu berasal dari kata burit (bahasa sunda) yang artinya juga sore, senja, dan menjelang maghrib. Biasanya ngabubirit dilakukan oleh sebagian orang dengan teman, keluarga, kerabat, dan sebagainya sekaligus mencari menu berbuka puasa di luar sekalian jalan jalan dan refreshing.

7. Kemanisan Malam Lailatul Qadr

Malam lailatul qadr merupakan sebuah malam yang dinantikan oleh seluruh umat Islam di dunia, malam yang lebih baik dari seribu malam. Malam yang penuh rahmat dan berkah dimana hanya akan diberikan oleh orang yang benar benar terpilih karena bertakwa dan beriman kepada Allah. Malam yang hanya datang sekali pada bulan ramadhan dan tidak ada satupun orang yang mengetahuinya. Malam Lailatul Qadr bisa datang di awal, tengah, ataupun akhir pada bulan ramadhan. Istimewanya malam ini yaitu malam yang penuh pengampunan, keberkahan, dan kesejahteraan dimana semua malaikat akan turun ke bumi dan membawa keindahan sampai fajar menjelang. Ketenangan akan dirasakan oleh umat Islam seantero bumi. Betapa manis dan indahnya anugerah malam ini.

8. Kemanisan Perayaan Idul Fitri

Puncaknya Ramadhan ditandai dengan Hari Raya idhul Fitri yaitu kemenangan bagi umat Muslim yang dapat melawan lapar, haus, hawa nafsu dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari selama sebulan penuh. Pada hari raya ini semua berkumpul menyambut kemenangan dan hari kebahagiaan, saling bermaafan, silahturahmi, berbagi THR. Hari Raya Idul Fitri adalah buah manis dari bulan Ramadhan yang berhak dipetik oleh siapa saja.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url