10 Kriteria Wanita yang Layak jadi Istri

10 Kriteria Wanita yang Layak jadi Istri

Keluarga merupakan tempat atau step pertama dimana seorang anak dididik dan dibimbing oleh orangtuanya. Berkualitasnya seorang anak tergantung dari orangtuanya, dimana seorang ibu memiliki peran penting di dalamnya. Karena seperti yang kita tahu seorang suami kebanyakan rata rata mencati nafkah diluar. Oleh karena itu bagi para pria memilih wanita untuk dijadikan istri harus memiliki standarisasi yang penting.

Inilah tanda tanda si dia pantas di jadikan istri dan ibu yang baik buat anak anakmu

Tidak hanya cantik dipandang, namun harus cerdas mendidik dan pandai mengolah uang. Tanpa panjang lebar simak poin poin penting wanita yang pantas dijadikan istri, untuk referensi bagi pria kedepannya.. Semoga bermanfaat.

1. Keibuan

Menjadi seorang wanita atau ibu belum tentu memiliki sifat keibuan. Karena sifat keibuan hadir melalui insting seorang wanita. Banyak terdengar kasus, seorang ibu yang begitu tegas mendidik anaknya bak tentara, memarahi dan melototi jika anaknya nakal, bahkan memukul dan menghukum jika salah. Jika ingin melihat sifat keibuan seorang wanita diantaranya saat ia berbicara dengan anak kecil, mendekati anak anak, rasa perhatiannya terhadap anak atau adiknya dan cara memperlakukan anak anak saat melakukan sesuatu. Wanita yang memiliki sifat keibuan biasanya berkata dengan suara yang lembut, tidak mudah panik dan berteriak, dan pembawaannya sangat tenang.

2. Taat Agama dan Suami

Wanita yang taat pada agamanya merupakan wanita yang paham akan hak dan kewajibannya. Taat akan agama memberi kesan yang baik terhadap keluarganya nanti, karena pada dasarnya nilai nilai agama yang tertanam pada diri wanita akan memberi efek baik pada kehidupannya. Termasuk kesadarannya untuk taat kepada suami. Suami merupakan kepala keluarga yang layaknya harus dihormati dan dihargai. Saat seorang wanita menikah, maka tanggung jawabnya orangtua lepas dan digantikan oleh suaminya, oleh sebab itu berbakti pada suami merupakan keharusan yang penting bagi setiap istri. Jika wanita memiliki sifat taat pada agama dan suami maka akan memberi dampak positif dan damai saat berumah tangga. Wanita yang seperti itu dapat kita lihat dengan bagaimana cara dia mematuhi aturan agama, memenuhi kewajiban pada agama dan orangtuanya dan cara ia menjalani perannya dalam keluarga.

3. Hemat

Pentingnya memilih calon istri yang hemat itu karena kebutuhan saat menikah itu tidak sedikir. Banyak hal seperti listrik, air, anak sekolah, uang makan, angsuran, bensin, dan lain lain. Semua itu harus terpenuhi karena merupakan kebutuhan pokok, dengan keuangan yang seadanya peran istri sangat penting untuk mengolah uang tersebut agar semuanya cukup. Hemat disini bukan ke arah pelit tapi lebih kepada mengatur pengeluaran dan menyisihkan pemasukan agar tidak habis begitu saja tanpa terasa. Wanita yang hemat biasanya punya cara sendiri untuk membagi keperluan secara bijaksana dan terbiasa untuk menabung agar mengantisipasi keadaan yang darurat.

4. Merawat Diri dan Keluarga

Kebanyakan wanita memang perlu untuk bisa merawat diri, dandan, dan berhias agar suaminya nanti betah memandangnya. Istri yang wangi, cantik, dan rapi akan memberi nilai plus sendiri terhadap suasana dalam keluarga. Istri yang terawat akan menunjukkan bahwa ia bahagia dalam rumah tangganya dan dapat memberi aura yang positif. Tidak hanya diri yang ia pandai rawar namun juga suami, anak anak, dan orangtua. Karena percuma saja jika hanya ia yang terawat tapi keluarganya kumel, kusut, dan tidak rapi. Jadi peran wanita sangat penting untuk memberi kesan secara visual terhadap keluarga dan masyarakat.

5. Pandai Masak dan Beres Beres

Pandai masak dan Beres beres merupakan suatu kewajiban pokok seorang wanita terhadap keluarganya. Tidak mungkin jika keluarga selalu membeli makanan diluar yang tidak higienis dan mahal. Dengan memasak menimbulkan kedekatan emosional istri dengan anak anak dan suaminya. Sering kita dengar ada orang yang sangat mencintai masakan ibunya, jadi ia susah payah pulang ke rumah orangtua nya hanya ingin melepas rindu dengan masakan ibunya yang super enak dan tidak ditemukan dimanapun cita rasanya. Percaya atau tidak, masakan yang dimasak sendiri ada cinta dan sayang dari seorang ibu sekaligus istri yang membedakan makanan diluar sana. Selain pandai masak, seorang calon istri juga harus bisa beres beres. Karena setiap hari rumah itu perlu di sapu, piring dan baju perlu di cuci, dan sebagainya. Karena perannya lebih banyak di rumah, wanita yang kelak akan menjadi istri harus bisa mengerjakan pekerjaan rumah secara baik agar suasana rumah tetap nyaman dan bersih.

6. Berdedikasi dan bertanggung Jawab

Seorang wanita mengenyam pendidikan tinggi bukan untuk menyaingi laki laki atau suaminya, tetapi menjadi bekal untuk mendidik anaknya menjadi anak yang cerdas dan memiliki potensi. Kemampuan intelegensi sangat perlu untuk dimiliki wanita karena kecerdasan, perilaku, dan emosi anak sebagian besar akan dididik di rumah bersama orangtua nya. Memiliki wanita yang berpendidikan akan memudahkanmu membentuk kepribadian anak yang diharapkan. Namun jangan menganggap yang tidak mengenyam pendidikan tinggi tidak pantas dijadikan istri, karena ilmu tidak hanya berasal dari lingkup sekolah tapi juga berdasarkan pengalaman. Bertanggung jawab juga sangat dibutuhkan dalam memilih calon  istri karena saat melakukan sesuatu dan menimbulkan masalah ia tidak akan lari tapi menghadapi dan bertanggung jawab untuk mencari solusi.

7. Kreatif dan Cekatan

Seorang anak memiliki rasa ingin tahu yang besar dalam mengeksplor apa yang dilihat dan didengar. Seirang wanita yang kreatif akan mengerti dan peka terhadap rasa ingin tahu yang besar dari anaknya dan pandai memfilter apa yang harus dikonsumsi olef daya fikir anaknya. Seorang wanita yang kreatif akan memiliki kemampuan ini untuk mengendalikan informasi yang akan didapat dan direspon oleh anak. Penyampaian tersebut dapat dituangkan melalui menggambar, membuat sesuatu hal yang bermanfaat, dan lain lain. Di sisi lain cekatan adalah hal yang pokok karena di saat yang genting proses berfikir haruslah cepat untuk memberi respon. Jika cara berfikirnya lambat akan mempengaruhi tindakan yang dilakukan. Untuk melihat wanita yang cekatan coba lihatlah dari segi ia berfikir dan bertindak saat terjadi hal yang darurat. Dari situ akan terlihat seberapa besar kepekaanya dan cekatannya dalam menghadapi sebuah persoalan dan mengambil keputusan terbaik.

8. Mampu Memposisikan Diri

Mengerti dan sadar akan sebuah situasi dan kondisi merupakan kemampuan terbaik dalam penempatan diri. Wanita yang pandai membaca keadaan akan paham kapan ia harus bertindak A atau B dan melakukan sebuah peran dalam keluarga dan masyarakatnya. Kamu dapat melihatnya saat ia berinteraksi dengan orang terdekat dan orang lain dan tahu kapan saat harus bercanda dan serius.

9. Menjaga Aib Keluarga

Keburukan, masalah, kejelakan merupakan hal pribadi dan menhadi batasan untuk tidak orang lain tahu. Terkadang sifat wanita yang suka gosip dan banyak bicara merupakan kebiasaan buruk yang harus dihindari karena akan berakibat buruk saat berumah tangga nantinya. Aib dan rahasia pribadi keluarga  yang harusnya dijaga, akan bocor dari mulut ke mulut. Kemampuan menjaga lisan dan bicara seperlunya perlu kamu jadikan kriteria terhadap wanita yang akan kamu jadikan istri nantinya.

10. Selalu Tersenyum dan Bersyukur

Ini poin terakhir yang menjadi kunci keharmonisan keluarga yang harus dimiliki seorang wanita. Apapun masalah, persoalan, dan cobaan akan menjadi titik puncak ketidakharmonisan. Peran eanita sebagai istri dan ibu nantinya yaitu menetralisir keadaan dengan tersenyum dan bersyukur agar keadaan menjadi tenang. Fikiran yang tenang dan bersih akan mudah menemukan solusi dan jalan keluar.

Jadi untuk para pria dan wanita semoga kita semua diberi jodoh yang terbaik sampai maut memisahkan. Hal hal diatas merupakan referensi yang siapakamu.com tawarkan untuk menjadi pertimbangan. Semua kriteria ini bersifat relatif dan diharapkan dapat bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url