Lagu Jadul vs Lagu Jaman Now

Lagu-Jadul-vs-Lagu-Jaman-Now

Bagi sebagian orang, musik itu bagian hidup, musik itu mengisi jiwa, musik itu semangat. Musik yang dituangkan melalui lagu dengan tema dan lirik yang mewakili hati membius kalangan muda maupun tua. Tidak dapat dipungkiri bahwa lagu adalah  sebuah ekspresi nyata dari instrumen dan kreatifitas seseorang.

Lagu dari zaman ke zaman mengalami perkembangan yang pesat. Mengikuti arusnya lagu mampu membuat dirinya tidak dilupakan dan semakin lekat dengan kehidupan. Lagi galau pasti denger lagu, lagi seneng, lagi marah, lagi makan. Dari lagu pop, rock, jazz, dangdut, reggae, keroncong melayu, semua punya penikmatnya masing-masing.

Mana yang lebih Basi. Lagu Jadul atau Lagu Kekinian ?

Menurut saya, lagu jaman dulu (jadul) tidak variatif seperti sekarang. Artis dulu lebih cepat dikenal melalui karyanya seperti Ari Wibowo, Tommy J. Pisa, Titiek Puspa, Nia Daniaty dan masih banyak lagi. Bahkan saya pun masih memiliki beberapa lagu dari penyanyi jadul, misanya Tragedi Pengantin Remaja dan Di Batas Kota Ini oleh Tommy J. Pisa.

Entah kenapa rasanya setiap lagu jadul yang pernah saya dengar bisa disampaikan begitu dalam dan sederhana. Kalimatnya yang tidak ribet dan pesan yang dapat diresap oleh pendengar begitu cepat ditangkap dan dihapal. Setidaknya lebih mending dan punya tujuan.

Berbeda dengan lagu jaman sekarang, dari penyanyi yang sudah sangat banyak. Di setiap waktu ada saja penyanyi baru asing dengan lagu asingnya juga. Saya agak bingung bagaimana lagu yang tidak punya karakter terkadang bisa saja tembus tangga lagu teratas walau tidak bertahan lama karena ada lagi dan lagi penyanyi dan lagu baru dan seketika itu terlupakan.

Dari segi kualitas, mungkin sudah pada tahu bahwa banyak lagu jaman kekinian ini ngaransemen lagu-lagu lama dengan cover yang diubah sedikit, itu salah satu bentuk bahwa karya jadul itu tak lekang oleh waktu dan punya kualitas yang diakui sampai anak cucu.

Tidak bisa dibilang juga lagu kekinian itu buruk karena penilaian orang beda beda pastinya. Tapi kebanyakan dilihat kalau nyatanya lagu sekarang itu hampir gak ada pesan atau hal berharga yang bisa diambil, terlalu monoton dan melulu tentang cinta dan patah hati secara gak langsung ngajarin generisa jaman now jadi cengeng dan mudah baper. Memang tidak semuanya begitu.

Sadar atau tidak, sekarang banyak banyak lagu DJ, lagu korea, lagu barat yang gak diketahui artinya dan tidak mendidik. Lalu apakah lagu jaman now bisa bersaing dan mengembalikan citra nya dengan lagu mari bercinta oleh Aura Kasih, Cinta 1 Malam dari Melinda atau Jaran Goyang dari Nella Karisma.

Ayolah jangan mimpi dan hanyut dalam lagu lagu gak jelas. Saatnya yang muda berkarya, ciptakan lagu yang punya pesan moril, kemanusiaan, nasionalisme, cinta sejati. Karena tanpa kita sadari instrumen yang disampaikan melalui lagu akan lebih melekat di hati dan fikiran. Cukup ajep ajepnya, kembalikan musikmu, dan ciptakan musik yang berkarakter.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url